Liga Inggris

Ini Letak Kekuatan Utama Skuat Jurgen Klopp Menurut Legenda Liverpool

Selasa, 23 April 2019 16:49 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Yohanes Ishak
© Alex Livesey/Getty Images
Menurut Ian Rush, Jurgen Klopp berhasil memunculkan rasa percaya diri dalam diri pemain Liverpool. Alex Livesey/Getty Images. Copyright: © Alex Livesey/Getty Images
Menurut Ian Rush, Jurgen Klopp berhasil memunculkan rasa percaya diri dalam diri pemain Liverpool. Alex Livesey/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Legenda Liverpool, Ian Rush, mengaku senang dengan karakter skuat Jurgen Klopp saat ini yang semakin tangguh menghadapi persaingan ketat Liga Primer Inggris.

Menurutnya, Liverpool sudah berada di jalur yang tepat dengan formula kemenangan yang tepat pula. Salah satunya terlihat dari mentalitas yang sudah tidak mudah runtuh lagi meski tengah berada dalam keadaaan tertekan.

“Saya rasa mereka sudah semakin kuat. Anda bisa melihatnya, ketika mereka bisa kembali setelah tertinggal satu gol lalu memenangkan pertandingan, sudah beberapa kali terjadi musim ini,” kata Rush, dikutip dari laman berita sepak bola Sky Sports.

Bahkan, Rush melihat adanya persamaan antara skuat Klopp dengan skuatnya pada masa lampau. Kekuatan terbesar mereka terletak pada semangat kolektif, keakraban, dan kemampuan menyesuaikan diri dengan situasi.

“Ketika saya masih bermain, saya berani katakan 100 persen kalau alasan utama kesuksesan kami dahulu itu berkat semangat tim. Di ruang ganti kami bergurau tapi saat sudah di lapangan semuanya menjadi serius,” terang Rush.

“Pertandingan bisa dimenangkan oleh individu, tapi liga hanya bisa dimenangkan oleh sebuah tim. Saya sedikit melihatnya dalam diri Jurgen Klopp dan timnya saat ini,” tambahnya.

Liverpool dan para suporternya kini tengah was-was menanti akhir musim Liga Primer Inggris 2018/19, apalagi kini mereka masih terus berkejaran poin dengan Manchester City.

Namun Rush menekankan The Reds tidak perlu khawatir dengan hasil yang sudah diperoleh. Ia menilai hal yang paling penting di kubu Liverpool saat ini adalah munculnya kepercayaan diri bahwa mereka punya kapasitas dan kemampuan menjadi juara Liga Primer Inggris.  

Euforia Arema FC Juara Piala Presiden 2019

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT