Bola Internasional

Hitung-hitungan Peluang Persija Lolos dari Grup G Piala AFC 2019

Rabu, 24 April 2019 06:00 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi selebrasi pemain Persija Jakarta setelah Sandi Sute cetak gol ke gawang Negros Ceres. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi selebrasi pemain Persija Jakarta setelah Sandi Sute cetak gol ke gawang Negros Ceres. Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT. COM - Persija Jakarta terbilang masih memiliki peluang untuk lolos dari Grup G Piala AFC 2019, walau baru saja menelan kekalahan dari Ceres Negros.

Pada Selasa (23/04/19) kemarin, Persija memainkan laga keempat Grup G Piala AFC 2019 dengan menjamu Ceres Negros di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Bertindak sebagai tuan rumah, Persija Jakarta gagal menuai poin penuh.

Persija Jakarta harus mengakui keunggulan Ceres Negros dengan skor 2-3. Lebih menyakitkan, lantaran gol kemenangan Ceres Negros tercipta di masa injury time, yakni menit ke-90+2.

Padahal, Persija Jakarta sempat unggul dua gol lebih dulu melalui torehan Sandi Sute (49') dan Bruno Matos (57'). Namun, Ceres Negros tiba-tiba bisa bangkit dengan mencetak tiga gol lewat Miguel Tanton (70'), Bienvenido Morejon (85'), dan Mike Ott.

Akibat kekalahan tersebut, Persija Jakarta saat ini berada di posisi tiga klasemen dengan raihan empat poin. Macan Kemayoran yang menyisakan dua laga lagi, masih berpeluang lolos, sebab hanya berjarak tiga poin dari tim peringkat dua, Becamex Binh Duong.

Demi menjaga peluangnya untuk lolos, Persija Jakarta harus bisa memenangkan dua laga tersisa. Bambang Pamungkas dan kawan-kawan bakal bersua Becamex pada 1 Mei 2019, serta menjamu Shan United pada 15 Mei 2019.

Andai dua laga itu dapat dimenangkan, Persija Jakarta bakal menempati peringkat kedua di klasemen akhir dengan torehan 10 poin. Meski ada kemungkinan raihan poinnya sama dengan Becamex, Persija Jakarta akan unggul dalam segi head to head.

Berada di peringkat kedua klasemen akhir, jadi target paling realistis bagi Persija Jakarta untuk bisa lolos dengan status runner-up terbaik. Kini Ceres Negros yang menduduki puncak klasemen, sudah tak mungkin terkejar berkat raihan 12 poinnya.

Namun, Persija Jakarta masih harus berharap agar tim-tim Asia Tenggara di grup lainnya terpeleset. Pasalnya, hanya akan ada satu jatah runner-up terbaik yang diperebutkan untuk lolos ke semifinal zona Asia Tenggara.

Setidaknya, ada tiga tim di grup lain yang bisa menjadi pesaing Persija Jakarta untuk mendapatkan jatah runner-up terbaik, yakni Ha Noi FC dari Grup F, serta Home United dan Kaya FC dari Grup H.

Ketiganya secara matematis memiliki peluang untuk mengakhiri klasemen dengan raihan total di atas 10 poin, atau melebihi poin maksimal Persija Jakarta.

Euforia Arema FC Juara Piala Presiden 2019

 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT