Liga Indonesia

Profil Klub Liga 1 2019: Bali United, Merajut Asa Tembus ke Level Asia

Sabtu, 11 Mei 2019 15:00 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© baliunitedfc Verified/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim Bali United Liga 1 2019. Copyright: © baliunitedfc Verified/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim Bali United Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019 bakal segera dimulai sebentar lagi dan alangkah baiknya menoleh sedikit profil dari klub asal Pulau Dewata, Bali United.

Nama Bali United baru santer terdengar usai mengakuisisi lisensi Persiram Putra Samarinda pada 15 Februari 2015 lalu oleh pengusaha bernama Pieter Tanuri.

Usai dikenal publik, Bali United pun langsung berbenah dengan memperbaiki segala hal baik itu kandang, keuangan klub, hingga pemilihan pemain.

Ketika mengikuti ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, Bali United hanya finis di peringkat ke-12 dengan perolehan 40 poin ketika ditukangi oleh Yunan Helmi.

Saat berlaga di ajang resmi seperti Liga 1 edisi 2017, Bali United langsung menggebrak dengan finis di urutan kedua dengan 68 angka kalah head to head dari Bhayangkara FC, yang kala itu meraih juara.

© INDOSPORT/Ian Setiawan
Skuat Bali United. Copyright: INDOSPORT/Ian SetiawanSkuat Bali United.

Meski menjadi runner-up, Bali United berhak melaju ke ajang internasional kualifikasi Liga Champions Asia. Akan tetapi mereka gagal menembus babak grup dan harus menghuni ajang Piala AFC.

Meksi baru perdana main di kancah Asia, Bali United mampu membuktikan diri kalau mereka bisa dengan menorehkan dua kekalahan, sekali menang, dan dua kali imbang.

Akan tetapi di Liga 1 2018 lalu, Bali United terperosok hingga ke posisi 11 dengan perolehan 45 angka. Hal ini membuat manajemen Serdadu Tridatu bergerak cepat agar bisa kembali bermain di level Asia.

Menjelang Liga 1 2019 saja, Bali United dengan yakin masuk ke bursa saham dengan melepasnya ke publik. Selain itu persiapan mereka juga tak main-main dengan melakukan perombakan pelatih hingga pemain, bahkan saat ini mereka telah menyatu satu sama lain.

© gunawandwicahyo13
Gunawan Dwi Cahyo saat menggiring bola. Copyright: gunawandwicahyo13Bek Bali United Gunawan Dwi Cahyo saat menggiring bola.

"Persiapannya semua sudah bagus dan pemain juga mulai kompak. Latihan rutin juga setiap harinya sudah bagus. Sudah siaplah setidaknya," papar bek Bali United Gunawan Dwi Cahyo saat berbincang dengan INDOSPORT, Minggu (28/4/19).

Selain itu Gunawan juga membeberkan kalau target dirinya dan juga rekan-rekan ingin mengantarkan Bali United bisa finis di zona lolos turnamen Asia kembali.

"Pastinya keinginan semua pemain bisa membawa Bali United ke papan atas sekaligus bisa bawa musim depan ikut Piala AFC lagi. Intinya ke situ arah, gitu. Tak sekadar hanya ikut Liga 1 2019 pasti inginnya lebih baik dalam menghadapi musim kemarin," sambung Gunawan.

Berdasarkan draft jadwal susulan yang telah dirilis oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, Bali United akan menjalani laga perdana Shopee Liga 1 2019 melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kamis (16/5/19).