Liga Inggris

Segera Comeback! Ini Jalan Terjal Leeds United untuk Promosi ke Liga Primer Inggris

Selasa, 30 April 2019 03:50 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Coro Mountana
© George Wood/Getty Images
Para pemain Leeds United sedang melakukan selebrasi. Copyright: © George Wood/Getty Images
Para pemain Leeds United sedang melakukan selebrasi.

INDOSPORT. COM - Leeds United masih memiliki peluang untuk mendapatkan tiket promosi ke Liga Primer Inggris musim depan dengan jalan terjal yang sudah menanti.

Leeds United kini duduk di peringkat tiga klasemen sementara Divisi Championship Liga Inggris. Mengoleksi 83 poin dan menyisakan satu laga lagi, Leeds United sudah tak mungkin mengejar Sheffield United di peringkat kedua yang berjarak lima angka.

Sebagai catatan, tim yang berhak mendapatkan jatah otomatis promosi ke Liga Primer Inggris adalah dua tim teratas di Divisi Championship. Melihat kondisi klasemen terkini, Leeds United pun sudah pasti gagal mendapatkan jatah otomatis itu.

Meski demikian, Leeds United masih tetap memiliki peluang promosi dengan melewati jalan terjal berupa jalur play-off. Babak play-off sendiri akan diisi oleh tim-tim yang berada di peringkat antara ketiga hingga keenam.

Babak play-off bakal dimulai dari laga semifinal yang dimainkan dalam dua leg. Pada fase semifinal ini, tim peringkat ketiga bertarung kontra tim peringkat enam, dan tim peringkat empat bertanding melawan tim peringkat lima.

Leeds sendiri saat ini berada di posisi ketiga yang artinya bakal bertemu dengan tim peringkat keenam. Itu pun posisi Leeds masih bisa tergeser oleh West Brom yang hanya berjarak 3 angka saja dengan sisa 1 pertandingan pamungkas.

Andai Leeds United mampu bertahan di posisi ketiga, mereka besar kemungkinan bakal bertemu antara Derby County atau Middlesbrough yang sedang bersaing memperebutkan posisi keenam. Untuk sementara Derby berada di peringkat keenam dengan perolehan 70 poin, unggul selisih gol atas Middlesbrough.

Jika Leeds United mampu menang di babak semifinal, mereka akan bertarung di final play-off antara pemenang posisi keempat melawan kelima.

Memang masih terdapat sejumlah gejolak yang mewarnai usaha Leeds United untuk promosi ke Liga Primer Inggris melalui jalan terjal berupa play-off. Namun satu hal yang pasti, Leeds United sudah memesan satu tiket untuk babak play-off dengan asumsi pasti finish di 6 besar.

Sekadar informasi, Leeds United sejatinya merupakan tim yang disegani di Liga Primer Inggris dengan bermaterikan pemain bintang seperti Rio Ferdinand dan Harry Kewell. Mundur ke era 1960-an hingga 1970, Leeds bahkan merupakan salah satu penguasa di Liga Inggris berkat tangan dingin Don Revie.

Dengan kepastian Leeds United berada di jalur play-off ada harapan agar 'singa tidur' ini bisa segera comeback ke kasta teratas Liga Inggris.

Vlog Piala Indonesia, Hujan Gol Laga Bhayangkara vs PSM

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT.