Liga Indonesia

Inilah Satu Kerugian Persib Bandung Lepas Radovic

Jumat, 3 Mei 2019 15:47 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter.com/persib
Miljan Radovic melakukan perpisahan dengan para pemain Persib Bandung. Copyright: © Twitter.com/persib
Miljan Radovic melakukan perpisahan dengan para pemain Persib Bandung.

INDOSPORT.COM – Persib Bandung resmi ditinggal pelatih Miljan Radovic jelang leg kedua babak delapan besar Piala Indonesia 2018/19 kontra Borneo FC pada Sabtu (04/05/19) di stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Keputusan Mlijan Radovic meninggalkan tim sepak bola berjuluk Maung Bandung tersebut karena harus mengikuti kursus kepelatihan UEFA Pro yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini.

Sebelum meninggalkan skuat Persib, ia menyempatkan hadir di Lapangan Saraga, ITB, kota Bandung, pada Jumat (03/05/19) untuk berpamitan kepada Supardi dkk. yang hendak menggelar sesi latihan.

Usai ditinggal pelatih sepak bola berkebangsaan Montenegro tersebut, Persib pun langsung mengumumkan Eks pelatih PSM Makassar, Robert Rene Albert, sebagai pelatih anyar mereka.

Namun keputusan Persib Bandung melepas Miljan Radovic sebenarnya akan memberikan satu kerugian bagi mereka, mengingat lisensi kepelatihan UEFA Pro merupakan lisensi yang sangat penting bagi seorang pelatih.

Terlebih lagi pada tahun 2020 mendatang, AFC akan memberlakukan regulasi yang mengharuskan setiap pelatih kepala yang berasal dari benua Eropa yang merupakan anggota AFC harus memiliki lisensi setara UEFA Pro.

Sementara itu, baru ada dua pelatih sepak bola asal Eropa yang biasa melatih klub-klub Indonesia yang memiliki lisensi UEFA Pro tersebut, yakni Coach Dejan Antonic dan Peter Butler.

Selain dua nama tersebut juga ada nama Eks pelatih Timnas Indonesia, Alfred  Riedl, yang juga memiliki lisensi UEFA Pro.

Tentunya hal ini akan menjadi kerugian bagi kubu Persib Bandung jika AFC menerapkan peraturan baru mereka, mengingat pelatih baru  Robert Rene Albert, belum memiliki lisensi kepelatihan UEFA Pro.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM