Liga Champions

Perjalanan Terjal Tottenham Hotspur Menuju Final Liga Champions 2018/19

Kamis, 9 Mei 2019 09:43 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Mike Hewitt/Getty Images
Selebrasi para pemain Tottenham usai gol Son Heung-Min. Copyright: © Mike Hewitt/Getty Images
Selebrasi para pemain Tottenham usai gol Son Heung-Min.

INDOSPORT.COM - Tottenham Hotspur harus melalui perjalanan terjal hingga mampu mencapai final Liga Champions 2018/19 menghadapi Liverpool.

Ya, Tottenham Hotspur berhasil melaju ke partai final Liga Champions musim ini dengan menyingkirkan Ajax Amsterdam, Kamis (09/05/19) dini hari tadi.

Tottenham harus kalah terlebih dulu di leg pertama semifinal Liga Champions 2018/19 dengan skor 0-1. Bertamu di leg kedua, Tottenham Hotspur berhasil menang dengan skor 2-3 di markas Ajax.

Hattrick yang dicetak oleh Lucas Moura, berhasil membungkam Ajax yang berhasil mencatat dua gol lewat Matthijs de Ligt dan Hakim Ziyech.

Pencapaian masuk final Liga Champions 2018/19 ini tentu bukan hanya sebuah prestasi untuk Pelatih Tottenham, Mauricio Pochettino. Melainkan juga untuk sejarah klub asal London Utara itu.

Tottenham memang baru sekali ini masuk ke final Liga Champions di sepanjang sejarah mereka. Mereka hanya pernah mencapai final di ajang Liga Europa, bahkan itu masih bernama UEFA Cup, tahun 1984 yang artinya 35 tahun silam.

Melihat perjalanan terjal Tottenham Hotspur mencapai Liga Champions musim ini, tentu mereka tidak ingin membuang kesempatan ini dengan mengunci gelar juara mengalahkan Liverpool.

Lantas seperti apa perjalanan terjal Tottenham di Liga Champions musim ini? Berikut INDOSPORT paparkan kembali, mulai dari babak grup hingga babak final yang akan dimainkan tanggal 02 Juni 2019 mendatang.

Perjalanan Terjal Sudah Terjadi di Babak Grup

© Getty Images
Situasi saat Lionel Messi sedang menggocek pemain Tottenham dalam laga Barcelona vs Tottenham Hotspur. Copyright: Getty ImagesSituasi saat Lionel Messi sedang menggocek pemain Tottenham dalam laga Barcelona vs Tottenham Hotspur.

Masuk ke Liga Champions untuk ketiga kalinya beruntun, pertama kali dalam sejarah, fans Tottenham Hotspur tentu langsung lemas saat awal melihat undian babak grup Liga Champions di awal musim 2018/19 kemarin.

Bagaimana tidak, Tottenham tergabung di Grup B Liga Champions 2018/19, yang banyak disebut sebagai grup neraka. Barcelona, Inter Milan dan kuda hitam dari Belanda, PSV Eindhoven menjadi lawan-lawan yang harus dilewati oleh Tottenham.

Masuk grup neraka, Tottenham bahkan langsung digebuk sejak pekan pertama. Mereka kalah 2-1 dari Inter Milan di laga pertama Grup B Liga Champions pada September 2018 lalu.

Laga kedua juga mereka masih dipaksa berlutut saat kalah 2-4 di kandang sendiri oleh Barcelona. Pertandingan selanjutnya menghadapi PSV Eindhoven, Tottenham seperti terluka secara mental, hasil imbang di pekan ketiga Grup B Liga Champions 2018/19.

Namun, November 2018 semuanya seolah berubah untuk Tottenham Hotspur. Mereka seperti bangkit dengan kemenangan 2-1 atas PSV di Stadion Wembley, tanggal 06 November 2018.

Akhir November menghadapi Inter Milan, mereka juga berhasil menang 1-0 dan memastikan lolos dengan hasil imbang 1-1 saat bertamu ke Camp Nou di laga terakhir. Mereka lolos dengan keunggulan selisih gol dari Inter Milan.