Liga Champions

Liga Champions: Dominasi Spanyol Hancur di Tangan 'Penjajah' dari Inggris

Kamis, 9 Mei 2019 07:58 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Dan Mullan/GettyImages
Lucas Moura menjadi aktor kemenangan Tottenham Hotspur atas Ajax Amsterdam. Copyright: © Dan Mullan/GettyImages
Lucas Moura menjadi aktor kemenangan Tottenham Hotspur atas Ajax Amsterdam.

INDOSPORT.COM - Dominasi Spanyol di sepak bola Eropa harus terhenti, dengan melihat final Liga Champions 2018/19 yang mempertemukan Tottenham Hotspur vs Liverpool, Kamis (02/06/19) bulan depan.

Ya, Tottenham Hotspur berhasil melaju ke partai final Liga Champions musim ini dengan menyingkirkan Ajax Amsterdam, Kamis (09/05/19) dini hari tadi.

Tottenham harus kalah terlebih dulu di leg pertama semifinal Liga Champions 2018/19 dengan skor 0-1. Bertamu di leg kedua, Tottenham Hotspur berhasil menang dengan skor 2-3 di markas Ajax.

Hattrick yang dicetak oleh Lucas Moura, berhasil membungkam Ajax yang berhasil mencatat dua gol lewat Matthijs de Ligt dan Hakim Ziyech.

Sementara Liverpool, berhasil menggulung Barcelona di leg kedua semifinal Liga Champions, Rabu (08/05/19) kemarin. The Reds menang dengan skor 4-0 di Stadion Anfield, membalas kekalahan 3-0 mereka di Camp Nou pada leg pertama.

Dengan Tottenham Hotspur dan Liverpool lolos ke babak final Liga Champions musim ini, otomatis akan tersaji pertandingan sengit yang bertajuk All England Final.

All England Final alias dua klub finalis berasal dari Inggris ini merupakan suatu fenomena. Pasalnya, terakhir kali All England Final terjadi di Liga Champions, adalah pada musim 2007/08 saat Manchester United vs Chelsea.

Sepak bola Inggris yang mulai disebut menurun kualitasnya karena tim-tim mereka jarang masuk final, musim ini membuktikan bahwa mereka dapat membuat partai puncak dengan kedua finalis berasal dari tanah Britania Raya.

Hancurkan Dominasi Spanyol

© Getty Image
Real Madrid menjuarai Liga Champions. Copyright: Getty ImageReal Madrid menjuarai Liga Champions 2017/18 untuk ketiga kalinya secara beruntun, menandakan dominasi Spanyol.

Tottenham Hotspur vs Liverpool di final Liga Champions 2018/19 pada Juni mendatang, juga berarti bahwa dominasi Spanyol kini mulai terpatahkan.

Klub-klub Spanyol memang mendominasi kompetisi-kompetisi elite Eropa, baik itu Liga Champions atau pun Liga Europa. Bahkan di Liga Champions sendiri, dua dari lima musim terakhir, kedua finalis merupakan dari Spanyol.

Yaitu Real Madrid vs Atletico Madrid yang saling bertemu di final Liga Champions pada musim 2013/14 dan 2015/16 lalu. Bahkan dalam lima musim terakhir, Spanyol selalu menyumbang setidaknya satu tim ke final Liga Champions.

Di Liga Europa pun Spanyol tampak mendominasi jika melihat tim-tim finalis dalam lima musim terakhir. Lima final Liga Europa terakhir, empat di antaranya dimeriahkan oleh tim Spanyol.

Seperti Sevilla yang tiga musim beruntun (2013/14, 2014/15 dan 2015/16) masuk final Liga Europa dan ada juga Atletico Madrid di musim 2017/18 lalu.

Tapi dominasi di atas resmi dihancurkan dengan 'penjajah' dari Inggris pada musim 2018/19. Kenapa kami sebut begitu? Berikut ulasan singkatnya dari INDOSPORT.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%