Liga Indonesia

Makna Penting Gol Simic ke Gawang Barito Putera di Pekan Awal Liga 1 2019

Selasa, 21 Mei 2019 10:56 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© markosimic_77
Marko Simic saat mencetak gol di laga Barito Putera vs Persija Jakarta. Copyright: © markosimic_77
Marko Simic saat mencetak gol di laga Barito Putera vs Persija Jakarta.

INDOSPORT.COMMarko Simic telah kembali. Golnya membawa klub sepak bola Indonesia, Persija Jakarta, mencuri 1 poin di kandang Barito Putera, Senin (20/05/19), di Stadion 17 Mei, Banjarmasin.

Pecinta sepak bola Indonesia, terutama Jakmania, tentu sudah rindu menantikan aksi-aksi garang Simic di kotak penalti lawan.

Ia sebelumnya sempat tersandung ‘kasus sabun’. Hal itu mengakibatkan Simic terpaksa absen membela Persija Jakarta di kompetisi Piala AFC 2019.

Tanpa kehadiran Simic, lini depan Persija Jakarta seakan tumpul. Persija Jakarta harus rela tersingkir di ajang-ajang penting sebelum perhelatan Shopee Liga 1 2019 (kasta tertinggi bola Indonesia), yakni Piala Presiden 2019, Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19, dan Piala AFC 2019.

Ketidakpastian kasus hukum Simic di Australia juga sempat mencuatkan rumor striker asal Kroasia itu bakal tercoret dari skuat asuhan Ivan Kolev jelang bergulirnya Liga 1 2019.

Namun demikian, kasus Simic perlahan mulai menemui titik terang. Simic akhirnya kembali ke Indonesia, Kamis (09/05/19), dan keesokan harinya langsung menjalani latihan perdana bersama Persija Jakarta di Lapangan PSAU TNI Halim Perdanakusuma.

Selama di Australia, Simic tidak kalah intens melakukan latihan. Ia kerap memamerkan kesibukannya berlatih untuk mengembalikan kebugaran dan roti sobek (perut sixpack) di tubuhnya.

Setelah kembali ke Persija Jakarta, Simic terus memperlihatkan grafik positif. Puncaknya terjadi tatkala ia membuka keunggulan Persija Jakarta di laga melawan Barito Putera pada menit ke-37.

Riko Simanjutak melepaskan umpan silang dari sisi kiri pertahanan Barito Putera. Bruno Matos dengan cerdik bergerak ke depan untuk memberi ruang kepada Simic dan sekaligus mengelabui bek Barito Putera.

Simic dengan mantap melompat dan melakukan tandukan tajam ke gawang Barito Putera yang dijaga oleh M. Riyandi.

Gol Simic tersebut bukanlah gol sembarang. Bukan gol sembarangan dalam arti tercipta melalui proses yang rumit atau menentukan nasib Persija Jakarta.

Gol tersebut menandai kembalinya Marko Simic setelah absen 97 hari membela Persija Jakarta sejak terakhir melawan Newcastle Jets pada babak kualifikasi kedua Liga Champions Asia 2019.

Selain itu, gol Simic juga mempertegas ia masihlah striker nomor satu Persija Jakarta. Kehadirannya bahkan telah menggeser Silvio Escobar yang pergi ke PSIS Semarang.

Satu gol ke gawang Barito Putera siap membuka keran gol-gol berikutnya di Liga 1 2019. Catatan 17 golnya musim lalu bukan tidak mungkin akan terlampaui dengan pulangnya Simic yang terlahir kembali.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM