Liga Italia

Pertama Kali Sejak 10 Tahun Terakhir, Warna Biru Dominasi Klasemen Akhir Serie A

Senin, 27 Mei 2019 13:58 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Emilio Andreoli/Getty Images.
Skuat Inter merayakan gol yang dicetak Radja Nainggolan ke gawang Juventus dalam lanjutan pekan ke-34 Serie A Italia, Minggu (28/04/19) dini hari. Copyright: © Emilio Andreoli/Getty Images.
Skuat Inter merayakan gol yang dicetak Radja Nainggolan ke gawang Juventus dalam lanjutan pekan ke-34 Serie A Italia, Minggu (28/04/19) dini hari.

INDOSPORT.COM - Untuk pertama kali sejak 10 tahun terakhir kompetisi berjalan, warna biru berhasil mendominasi klasemen akhir Liga Serie A Italia.

Pada musim 2018/19, sejumlah kejutan terjadi sepanjang kompetisi bahkan hingga memasuki pekan terakhir pada Senin (27/05/19) dini hari WIB, di mana tiga klub sepak bola yakni Inter Milan, Atalanta, dan AC Milan saling berebut slot ke Liga Champions musim depan.

Sebelumnya dua jatah untuk tampil di kompetisi tertinggi klub antar benua Eropa tersebut telah diamankan Juventus sebagai Capolista musim ini, serta Napoli yang meraih runner-up.

Drama terjadi bahkan sejak babak pertama, di mana Atalanta ditahan imbang Sasssuolo dan membuat AC Milan yang unggul sementara atas SPAL merangsek naik ke peringkat tiga, mengangkangi Atalanta, dan Inter Milan.

Namun pada babak kedua seluruh Milanisti menjadi panik saat Atalanta secara perkasa membalikkan keadaan untuk mengungguli Sassuolo, dan pertandingan lain Inter mampu mencetak gol ke gawang Empoli.

Hasil tersebut membuat Atalanta dan Inter menduduki peringkat ke-3 dan 4, sedangkan Milan berada di bawahnya. Meski berhasil menjaga kemenangan hingga akhir laga, AC Milan harus menerima kenyataan bahwa mereka kembali gagal tampil di Liga Champions usai finish di urutan kelima.

Terdapat satu catatan menarik di balik keberhasilan Atalanta dan Inter Milan menembus Liga Champions musim depan, di mana untuk kali pertama sejak 10 tahun terakhir Serie A, klub sepak bola dengan jersey warna biru mendominasi klasemen akhir di empat besar.

Selain Juventus sebagai juara dengan jersey Hitam-Putih-nya, mulai dari Napoli, Atalanta, hingga Inter Milan yang berada di peringkat empat mempunyai jersey kebanggaan berwarna biru di musim ini.

Bahkan ketiga klub sepak bola tersebut memiliki julukan yang hampir sama, yakni Gli Azzurri (si Biru/Napoli), I Nerazzurri (Hitam dan Biru/Inter Milan), dan Nerazzurri (Hitam dan Biru/Atalanta).

© Paolo Magni /ANSA via AP
Para pemain Atalanta sedang berselebrasi Copyright: Paolo Magni /ANSA via APPara pemain Atalanta sedang berselebrasi

Hasil tersebut sedikit langka di Serie A, tercatat dalam 10 tahun kebelakang banyak warna yang mendominasi akhir klasemen empat besar seperti Merah-Hitam milik AC Milan, Oranye-Kuning si AS Roma, Ungu dengan Fiorentina dan Hitam-Putih yang dimiliki dua tim yakni Juventus, dan Udinese.

Bahkan dalam 10 tahun terakhir di ajang Serie A, belum ada lebih dari dua tim dengan warna jersey sama yang berhasil mengakhiri musim di peringkat empat besar.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%