Liga Indonesia

Jika Susul Ivan Kolev, Jacksen F Tiago Gagal Buat Rekor di Barito Putera

Selasa, 4 Juni 2019 17:00 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Jacksen F. Tiago didesak mundur dari Barito Putera Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Jacksen F. Tiago didesak mundur dari Barito Putera

INDOSPORT.COMIvan Kolev telah mundur dari klub sepak bola Indonesia, Persija Jakarta. Djajang Nurjaman dan Jacksen F. Tiago mengisi daftar pelatih yang terancam dipecat selanjutnya.

Persebaya Surabaya yang dilatih oleh Djanur, sapaan Djajang Nurjaman, masih lebih baik nasibnya ketimbang Barito Putera. Bajul Ijo berada di urutan 13 dengan raihan 2 poin.

Barito Putera hanya mampu meraih 1 poin dari tiga pertandingan dan menghuni peringkat 17 atau dua terbawah. Alhasil, Jacksen didesak mundur oleh suporter Barito Putera.

Jika harus menyusul jejak Kolev yang mundur dari Persija Jakarta, Jacksen terpaksa gagal menciptakan rekor di Barito Putera pada era Liga 1.

Sejak ditunjuk sebagai pelatih Barito Putera pada Desember 2016, Jacksen sudah ikut serta dalam tiga edisi Liga 1, mulai 2017, 2018, hingga 2019 saat ini.

Catatan tersebut menjadi yang terlama di antara pelatih klub Liga 1 lainnya. Tiga pelatih berpeluang menyamai rekor Jacksen, namun mereka memilih pergi, yakni Simon McMenemy, Robert Alberts, dan Stefano ‘Teco’ Cugurra.

Pada musim 2019, Simon memutuskan untuk melatih Timnas Sepak Bola Indonesia, Teco hijrah ke Bali United, sedangkan Robert kini menukangi Persib Bandung.

Jacksen F Tiago menjadi satu-satunya pelatih yang bertahan selama tiga musim berturut-turut di Liga 1 bersama Barito Putera. Meski didesak mundur, Jacksen menilai hal tersebut sebagai sesuatu yang wajar dalam dunia sepak bola.