Bursa Transfer

3 Calon Bek Termahal di Bursa Transfer Musim Panas 2019

Rabu, 5 Juni 2019 13:18 WIB
Editor: Juni Adi
© VI-Images/ Getty Images
Bek tengah sekaligus kapten Ajax Amsterdam, Matthijs de Ligt sempat memberikan keunggulan di babak pertama atas Tottenham Hotspur. Copyright: © VI-Images/ Getty Images
Bek tengah sekaligus kapten Ajax Amsterdam, Matthijs de Ligt sempat memberikan keunggulan di babak pertama atas Tottenham Hotspur.

INDOSPORT.COM - Pasar Bursa transfer pemain pada musim panas 2019 belum sepenuhnya resmi dibuka. Tercatat, baru Liga Primer Inggris yang sudah membuka aktifitas belanja pemain.

Hal tersebut dikarenakan, Liga Primer Inggris mengubah jadwal aktifitas transfer pemain yang semula dibuka setiap tanggal 01 Juli, kini sudah dibuka sejak 16 Mei, dan akan ditutup setiap 08 Agustus.

Kendati demikian, beberapa klub di liga top Eropa lain justru sudah banyak yang mendapatkan pemain baru, seperti Eder Milito yang bergabung dengan Real Madrid dan Frankie De Jong resmi menuju Barcelona.

Selain dua pemain tersebut, akan ada banyak kejutan lain yang akan terjadi selama bursa transfer pemain berlangsung. Khususnya pergerakan dari tim-tim besar yang sangat membutuhkan pemain baru, seperti Manchester United.

Hasil jeblok musim lalu, jadi alasan Setan Merah akan kembali aktif di lantai bursa guna mencari pemain berkualitas sesuai kebutuhan tim, dimana sektor belakang akan jadi fokus pembenahan.

Manchester United tak sendiri. Mereka akan bersaing dengan klub top lain, dalam mencari pemain belakang tangguh, diantaranya ada Atletico Madrid yang baru saja ditinggal bek Diego Godin.

Barcelona ingin menambah kedalaman di lini belakang mereka, Real Madrid serta Arsenal yang juga mencari bek tengah bagus. Banyaknya klub yang berminat terhadap pemain belakang, membuat harga seorang bek akan melambung tinggi.

Berikut ini tiga bek tengah yang berpotensi ditebus dengan harga sangat mahal di musim panas seperti dilansir Sportskeeda.

1. Samuel Umtiti

© FC Barcelona
Samuel Umtiti berlatih di Barcelona. Copyright: FC BarcelonaSamuel Umtiti berlatih di Barcelona.

Pada musim perdananya di Barcelona, Samuel Umtiti jadi andalan di lini belakang. Namun perlahan ia mulai kehilangan tempat di tim utama karena cedera, dan berhasil direbut oleh Clement Lenglet.

Meski begitu, ada sejumlah klub yang berminat kepada pemain asal Prancis itu untuk diboyong musim depan, ketimbang menjadi penghangat bangku cadangan.

Nilai Umtiti saat ini diperkirakan mencapai 70 juta euro. Namun harganya bisa naik dikisaran 80-85 juta euro. Ia bisa jadi  tambahan yang bagus bagi tim mana pun yang merekrutnya. Arsenal, Juventus dan Manchester United sempat disebut-sebut tertarik mendatangkannya.


2. Matthijs De Ligt

© VI-Images/ Getty Images
Bek tengah sekaligus kapten Ajax Amsterdam, Matthijs de Ligt sempat memberikan keunggulan di babak pertama atas Tottenham Hotspur. Copyright: VI-Images/ Getty ImagesBek tengah sekaligus kapten Ajax Amsterdam, Matthijs de Ligt merayakan golnya ke gawang Tottenham.

Tampil gemilang di musim ini bersama Ajax Amsterdam, membuat nama bek muda Matthijs De Ligt melambung. Bagaimana tidak, usia baru 19 tahun De Ligt sudah sukses mengantarkan Ajax merebut dua gelar bergengsi, yakni memenangkan Eredivisie dan Piala Liga Belanda.

Selain itu, ia juga mampu membawa Ajax melangkah jauh di Liga Champions, yakni babak semifinal sebelum akhirnya dikalahkan oleh Tottenham Hotspur, dengan agregat gol 3-3 (kalah gol tandang).

Meski mencatatkan sederet torehan manis, bukan berarti De Ligt tetap bertahan. Ia dirumorkan siap hengkang pada musim panas ini.

Juventus, Manchester United, dan Barcelona sedang bersaing untuk memperebutkan kapten Ajax itu, yang kini harganya mencapai 100 juta euro.

3. Kalidou Koulibaly

© Alessandro Sabattini/Getty Images
Kalidou Koulibaly cetak gol ke gawang Chievo di lanjutan Serie A Italia, Minggu (14/04/19), di Stadion Marcantonio Bentegodi. Copyright: Alessandro Sabattini/Getty ImagesKalidou Koulibaly cetak gol ke gawang Chievo di lanjutan Serie A Italia, Minggu (14/04/19), di Stadion Marcantonio Bentegodi.

Bek tangguh Napoli, Kalidou Koulibaly sudah sejak dua musim lalu banyak diminati oleh sejumlah klub top Eropa. Namun, dirinya lebih memilih bertahan di Napoli hingga saat ini.

Akan tetapi, bek terbaik Serie A itu berpeluang besar untuk meninggalkan klub pada musim panas ini. Manchester United dikabarkan sudah mengajukan tawaran sebesar 110 juta euro tetapi ditolak mentah-mentah oleh Partenopei. 

1