Bola Internasional

Deretan Laga dengan Skor Tak Masuk Akal yang Pernah Dicetak Vanuatu

Sabtu, 15 Juni 2019 16:09 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Vanuatu Football Federation
Skuat timnas Vanuatu yang akan berhadapan dengan timnas Indonesia. Copyright: © Vanuatu Football Federation
Skuat timnas Vanuatu yang akan berhadapan dengan timnas Indonesia.

INDOSPORT.COMVanuatu akrab dengan laga sepak bola yang berakhir dengan skor tak masuk akal. Sejak tahun 2000, negara asal benua Oseania ini tercatat pernah memenangkan beberapa pertandingan dengan selisih tujuh gol atau lebih.

Meski tergolong negara yang sangat lemah dalam kancah sepak bola dunia, mereka ternyata bisa menghabisi lawannya tanpa ampun.

Kemenangan Vanuatu melawan Mikronesia pada 2015 menjadi salah satu yang terbesar dalam sejarah. Oleh karenanya, calon lawan laga uji coba Timnas Indonesia pada Sabtu (15/6/19) ini perlu diwaspadai. 

Berikut ini, redaksi berita olahraga INDOSPORT akan mengulas singkat bagaimana proses skor ‘gila’ Vanuatu bisa terjadi.

1. Vanuatu vs Kepulauan Mikronesia (46-0)

Skor tak masuk akal ini terjadi dalam laga terakhir fase grup A ajang Pacific Games pada 7 Juli 2015. Striker Jean Kaltack menjadi bintang Vanuatu dalam laga ini dengan torehan 16 golnya. Namun, Timnas Vanuatu sendiri tidak lolos ke babak semifinal setelah tak meraih kemenangan melawan Fiji dan Tahiti.

Kepulauan Mikronesia sendiri menjadi bulan-bulanan pada ajang ini. Turun dengan tim U-23, mereka dibantai Tahiti (0-30) dan Fiji (0-38) secara berurutan. Usai ajang ini, mereka sampai mengadu ke FIFA agar diakui secara resmi sebagai negara anggota. Mereka menginginkan bantuan teknis agar perkembangan sepak bola di sana bisa berjalan.

2. Vanuatu vs American Samoa (15-0)

Kemenangan ini diperoleh pada 30 Agustus 2007, tepatnya dalam babak grup Kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Oseania. Vanuatu yang bertandang ke American Samoa berhasil mempermalukan tuan rumah dengan 15 gol tanpa balas. Namun, meski Vanuatu menang dengan skor fantastis, mereka tak lolos ke Piala Dunia 2010.

American Samoa pun bernasib sama dengan Mikronesia yang kalah 0-46. Mereka hanya tampil untuk menjadi bulan-bulanan negara lainnya dalam grup yang sama. Mereka kebobolan 37 gol dan hanya berhasil mencetak satu gol dalam empat laga.

3. Vanuatu vs American Samoa (9-1)

Masih dengan negara yang sama, pembantaian ini terjadi tiga tahun sebelumnya, yakni pada 12 Mei 2004. Ini juga terjadi kala Vanuatu bertandang ke American Samoa pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2006 zona Oseania grup 2. Vanuatu berhasil mencetak sembilan gol meski pada babak pertama hanya unggul 3-1.

4. Vanuatu vs Cook Island (8-1)

Kemenangan ini terjadi pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2002, tepatnya pada 6 Juni 2001. Laga yang diadakan di QBE Stadium, Cook Island, ini sempat berlangsung ketat pada 13 menit pertama setelah kedudukan imbang 1-1. Namun, Vanuatu malah menggelontorkan delapan gol dan membuat malu publik tuan rumah.

Di sisi lain, Vanuatu juga menjadi lumbung gol negara lain di ajang ini. Mereka kalah dari Selandia Baru (0-7), Tahiti (1-6), dan Kepulauan Solomon (2-7). Oleh karenanya, tak ada harapan bagi mereka untuk lolos ke Piala Dunia 2002 yang diadakan di Korea Selatan dan Jepang.