Liga Italia

Bangun 'New San Siro', AC Milan dan Inter Milan Setuju Robohkan Markas Lama?

Senin, 24 Juni 2019 15:09 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Dua raksasa Liga Italia, AC Milan dan Inter Milan, sepakat merobohkan San Siro demi membangun stadion baru bernilai 630 juta pounds (setara Rp11 triliun) pada tahun 2022.

Dilansir dari laman Sun Sport, alih-alih memperbaiki San Siro dan Giuseppe Meazza yang sudah setengah abad lebih ditempati bersama, mereka akan membangun stadion baru tak jauh dari markas lama yang akan dirobohkan.

Memuat hampir 80 ribu tempat duduk, stadion baru ini diharapkan bisa menjadi kebanggaan penggemar kedua klub di kota Milan. Stadion baru ini rencananya akan mengadopsi model Stadion Melife, yang menjadi markas kebanggaan NFL New York Giants dan New York Jets.

Selain 80 ribu kapasitas tempat duduk, Stadion New San Siro juga akan mencakup lima ribu kursi untuk acara musik dan dilengkapi dengan kompleks perbelanjaan. Tak heran, stadion ini akan bisa jadi yang termahal abad ini.

Dengan adanya kesepakatan baru AC Milan dan Inter Milan, Pemerintah Kota bakal mengumumkan tahapan proyek konstruksi stadion. Paling cepat, pembangunan baru akan dimulai tahun 2022 mendatang dan diresmikan di awal musim 2023/24.

Sebelumnya, pembangunan stadion baru memang menemui kendala, walaupun kedua klub sudah menyepakati rencana dalam MoU yang ditandatangani pada bulan November 2018 lalu.

Kendala tersebut muncul setelah wali kota Milan, Giuseppe Sala, menegaskan pihaknya kurang setuju dengan penghancuran San Siro dan pembangunan stadion ayar. Ia juga menekankan pembangunan itu harus mengikuti aturan yang dibuat Pemerintah Kota.