Bola Internasional

Prediksi Pertandingan Piala Afrika 2019 Uganda vs Mesir: Penentuan Juara Grup!

Sabtu, 29 Juni 2019 15:37 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Twitter/@SeeNewsEGY
Mohamed Salah merayakan gol saat laga Mesir vs Kongo di Piala Afrika 2019, Kamis (27/06/19). Copyright: © Twitter/@SeeNewsEGY
Mohamed Salah merayakan gol saat laga Mesir vs Kongo di Piala Afrika 2019, Kamis (27/06/19).

INDOSPORT.COM - Berikut prediksi pertandingan babak penyisihan grup Piala Afrika 2019 antara Uganda vs Mesir, Senin (01/06/19) dini hari WIB.

Dalam laga yang berlangsung di Cairo International Stadium tersebut, Timnas Mesir sebagai tuan rumah sekaligus pemuncak klsemen sementara bakal menjamu tim peringkat kedua, Uganda, di final matchday babak penysihan Grup A.

Secara materi pemain, jelas Mesir jauh diunggulkan ketimbang sang lawan. Terlebih, skuat berjuluk The Pharaohs ini memiliki bintang paling bersinar di Liga Primer Inggris musim lalu, Mohamed Salah.

Berbekal para pemain bintang itulah, Mesir tampaknya akan dengan mudah menaklukan Uganda dalam pertandingan nanti. Namun, meski banyak pesepak bola bintang, Mesir tetap harus berhati-hati dengan permainan cepat tim lawan.

Apalagi, Uganda tengah dalam peforma on fire, di mana dalam tiga pertandingan terakhir, anak asuh Sebastian Desabre ini belum pernah menelan kekalahan yakni dua menang serta satu hasil imbang.

Salah satu kemenangan Uganda bahkan diraih saat berhadapan dengan tim kuat Afrika, yakni Pantai Gading, dalam sebuah laga persahabatan pada 15 Juni 2019 lalu.

Laga kontra Uganda sendiri sejatinya tak lagi menentukan buat Mesir. Sebab, dengan catatan dua kemenangan di laga awal, mereka telah memastikan diri tampil di babak 16 besar.

Sementara bagi Uganda, mereka masih harus meraih poin meski saat ini tengah duduk di peringkat kedua. Sebab, raihan empat poin milik mereka hanya berselisih satu angka dari Zimbabwe.

Jika di laga terakhir Zimbabwe berhasil menang besar dan Uganda kalah dari Mesir, maka tiket ke 16 besar bisa saja diraih Zimbabwe.

Player to Watch:
Emmanuel Okwi (Uganda)

Mungkin sangat sedikit pemain Uganda yang wajib diwaspadai, namun untuk Emmanuel Okwi mungkin menjadi pengecualian terlebih jika melihat penampilannya di Piala Afrika 2019 ini.

Tercatat, pemain berusia 26 tahun tersebut masih memuncaki daftar top skor sementara Piala Afirka 2019 dengan raihan dua gol, sebuah catatan yang lebih baik ketimbang Mohamed Salah.

Mohamed Salah (Mesir)

© Omar Zoheiry/picture alliance via Getty Images
Mohamed Salah melakukan selebrasi usai cetak gol menit ke-43 dalam penyisihan grup Piala Afrika 2019 di Stadion Internasional Kairo. Copyright: Omar Zoheiry/picture alliance via Getty ImagesMohamed Salah melakukan selebrasi usai cetak gol menit ke-43 dalam penyisihan grup Piala Afrika 2019 di Stadion Internasional Kairo.

Memang pada dua laga awal Piala Afrika 2019 pemain Liverpool ini kurang terlihat menonjol, namun bukan berarti ia tak perlu mendapat kawalan ketat.

Justru sebaliknya, kurang menonjolnya Salah di dua laga sebelumnya dikarenakan pressing ketat oleh para pemain lawan sehingga tak banyak ruang bagi Salah untuk melakukan akselerasi. Meski begitu, Salah masih tetap mampu mencetak satu gol dari dua laga tersebut.

Prediksi Susunan Pemain:
Uganda IX:

D. Onyango; G. Walusimbi, M. Jjuko, B. Mugabi, H. Wasswa; M. Azira, K. Aucho; F. Miya, E. Okwi, L. Abdu; P. Kaddu.

Mesir IX:
Mohamed El Shenawy; Ahmed Hegazi, Ayman Ashraf, Mahmoud Alaa, Ahmed El Mohamady; Abdalla El Said, Tarek Hamed;  Mohamed Elneny, Trézéguet, Mohamed Salah; Marwan Mohsen.

Lima Pertandingan Terakhir Uganda

  • Lesotho 0 - 0  Uganda
  • Uganda  1 - 1 Afrika Selatan
  • Pantai Gading 0 - 1 Uganda
  • Repubik Kongo 0 - 2 Uganda
  • Uganda 1 - 1 Zimbabwe

Lima Pertandingan Terakhir Mesir

  • Nigeria 1 - 0 Mesir
  • Mesir 1 - 0 Tanzania
  • Mesir 3 - 1 Guinea
  • Mesir 1 - 0 Zimbabwe
  • Mesir 2 - 0 Congo DR

Lima Pertandingan Terakhir Uganda vs Mesir

  • Mesir 1 - 0 Uganda
  • Uganda 1 - 0 Mesir
  • Mesir 1 - 0 Uganda
  • Mesir 3 - 0 Uganda
  • Mesir 2 - 0 Uganda