Liga Indonesia

Siap ke Indonesia, 4 Klub Liga 1 2019 Bisa Datangkan Eks Pelatih AS Roma

Kamis, 4 Juli 2019 13:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Indosport/Ronald Seger Prabowo
Fabio Lopez pelatih Borneo FC dalam jumpa pers. Copyright: © Indosport/Ronald Seger Prabowo
Fabio Lopez pelatih Borneo FC dalam jumpa pers.

INDOSPORT.COM - Eks pelatih akademi AS Roma Fabio Lopez dikabarkan siap ke Indonesia lagi dan empat klub Liga 1 2019 ini bisa mendatangkannya.

Sebelumnya, pelatih yang kini berusia 46 tahun tersebut sempat meniti karier di Liga Indonesia bersama Borneo FC di awal musim 2018/19.

Masa baktinya hanya seumur jagung saja, sebab Lopez hanya bertahan lima pertandingan bersama Borneo FC di ajang Piala Presiden dan Kratingdaeng Piala Indonesia sebelum akhirnya dilepas manajemen.

Kendati telah lama meninggalkan Indonesia akan tetapi Fabio Lopez tanpa ragu siap kembali ke Indonesia asal ada klub Liga 1 2019 yang menginginkan jasanya.

"Saya bisa kembali ke Liga Indonesia, asalkan salah satu dari tim besar di Liga 1 yang menghubungi. Dengan pengalaman serta catatan yang saya punya, sulit rasanya untuk menangani tim papan tengah" ucap Lopez kepada redaksi INDOSPORT, Rabu (03/07/19).

Terlebih Fabio Lopez menyukai skema bermain dengan formasi 4-3-3. Dalam situasi tertentu, opsi 4-4-2 bukan tak mungkin dimainkan. Termasuk skema 4-1-4-1 yang masuk preferensinya.

Dengan pernyataan tersebut tentunya membuat para kontestan Liga 1 2019 memiliki berbagai opsi untuk menggunakan jasa pelatih asing.

1. Persela Lamongan

© INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Logo Tim sepak bola Logo Persela Copyright: INDOSPORT/Yooan Rizky SyahputraLogo Tim sepak bola Logo Persela

Klub Liga 1 2019 yang bisa mendatangkan jasa juru skema Fabio Lopez salah satunya ialah Persela Lamongan. Pasalnya Laskar Joko Tngkir baru saja kehilangan pelatih Aji Santoso setelah dua musim melatih.

Dalam enam pertandingan, Persela belum mendulang kemenangan sekalipun. Persela hanya dua kali imbang dan empat kali imbang. Kehadiran Lopez tampaknya bisa menjadi pembeda.

2. Persipura Jayapura

© Grafis:Yanto/Indosport
Logo Persipura Jayapura. Copyright: Grafis:Yanto/IndosportLogo Persipura Jayapura.

Kemudian klub Liga 1 2019 yang bisa saja mendatangkan juru skema asal Italia adalah Persipura Jayapura. Sebab klub berjuluk Mutiara Hitam ini baru saja melepas Luciano Leandro.

Dengan kekosongan kursi kepelatihan ini, Persipura bisa melirik Fabio Lopez sebagai opsi. Terlebih Fabio Lopez pernah menangani PSMS Medan dan Borneo FC.

3. Semen Padang

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Semen Padang. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTLogo Semen Padang.

Lalu klub Liga 1 2019 yang juga bisa mendaratkan pelatih Fabio Lopez dalam waktu dekat ialah Semen Padang. Mengingat Kabau Sirah masih sulit meraih kemenangan.

Bahkan juru taktik Semen Padang Syafrianto Rusli langsung dievalusi oleh manajemen. Hal itu disampaikan langsung oleh CEO PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) Rinold Thamrin.

"Dalam waktu dekat kami akan mengambil keputusan menyangkut hal ini (hasil buruk). Setelah laga melawan Persipura, kami akan ambil keputusan," papar Rinold kepada wartawan di Padang, Rabu (26/06/19).

Sinyal tersebut membuat peluang Fabio Lopez kembali ke Indonesia semakin terbuka andai Semen Padang memang ingin bekerja sama.

4. Persebaya Surabaya

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persebaya Surabaya. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTLogo Persebaya Surabaya.

Terakhir ada Persebaya Surabaya yang menjadi salah satu kandidat klub Liga 1 2019 untuk menggunakan jasa pelatih asal Italia Fabio Lopez.

Persebaya di awal-awal Liga 1 2019 sempat mengalami kesulitan dalam meraih kemenangan pasca gagal juara Piala Presiden 2019 dan kandas di Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/2019.

Saat ini Persebaya baru mengemas dua kemenangan, dua imbang, dan satu kekalahan di Liga 1 2019. Tentu hasil yang kurang baik untuk Persebaya.

Desakan agar pelatih Djadjang Nurdjaman didepak pun semakin keras oleh yaitu Bonek. Manajemen Bajul Ijo tampaknya masih mengevaluasi kinerja Djanur.

"Saat manajemen belum pecat saya maka saya tetap lanjut. Tanyakan ke manajemen kapan mau pecat saya," ujar pelatih 60 tahun ini.

Dengan sinyal seperti itu, tak ada salahnya manajemen Persebaya melirik Fabio Lopez untuk didatangkan dan bisa saja mengangkat performa tim.