In-depth

2 Faktor Penyebab Kemerosotan Performa Persipura Jayapura di Liga 1 2019

Jumat, 5 Juli 2019 10:48 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT/Arif Rahman
Skuat Persipura di Liga 1 2019. Copyright: © INDOSPORT/Arif Rahman
Skuat Persipura di Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Berikut beberapa faktor penyebab yang membuat Persipura Jayapura tampil buruk di awal-awal Liga 1 2019.

Nama besar Persipura Jayapura di kompetisi sepak bola Indonesia kini tinggal kenangan lantaran dalam beberapa tahun terakhir prestasi mereka terus merosot, khususnya sejak era Liga 1.

Padahal, permainan Boaz Solossa dkk. sangat disegani oleh lawan-lawannya karena sulit untuk ditaklukan di era Liga Indonesia dan Liga Super Indonesia.

Hal itu membuat Persipura mampu menjuarai kompetisi kasta tertinggi sebanyak empat kali di musim 2005, 2008/09, 2010/11 dan 2013. Mereka menjadikan pengoleksi gelar terbanyak sejak era Liga Indonesia.

Namun kini, kejayaan mereka hanya tinggal cerita. Persipura kesulitan bersaing meraih gelar juara, atau hanya sekadar meraih kemenangan.

Dari enam laga awal yang sudah dilakoni di Liga 1 2019, Persipura belum sekali pun bisa membawa pulang tiga poin. Kini, mereka terpuruk di zona degradasi menempati posisi ke-16 dengan koleksi tiga poin, hasil dari tiga kali imbang dan tiga kali kalah.

Terbaru, tim pengoleksi empat gelar Liga Indonesia itu dibantai Arema FC dengan skor 3-1 di Stadion Gajayana, Kota Malang, Kamis (4/7/19) kemarin.

Rentetan hasil negatif itu membuat manajemen langsung menggelar evaluasi tim, dan menumbalkan pelatih Luciano Leandro sebagai korban beberapa saat sebelum menghadapi Arema FC. Ia pecat karena dianggap gagal memperbaiki performa tim.

"Kami sudah bertemu dan berbicara. Coach Luciano juga sangat mengerti dan memahami keadaan yang kami alamibahwa hasil pertandingan belum memuaskan. Walau ada sedikit perbaikan dan perkembangan," ujar Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano.

"Untuk hal tersebut, saat ini kita akan mencari dan menyiapkan pelatih baru, yang nantinya akan menggantikan pelatih Luciano Leandro," tambahnya.

Lantas bagaimana bisa tim sekelas Persipura yang selalu melahirkan pemain hebat bisa terpuruk seperti saat ini? Banyak penyebabnya. Berikut INDOSPORT menjabarkannya.

IDS Emoticon Suka
Suka
25%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
25%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
25%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%