Liga Indonesia

Analisis Pertandingan Liga 1 2019 Persija Jakarta vs Persib Bandung: Gol Keduanya Bikin Bingung

Rabu, 10 Juli 2019 18:03 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Situasi duel udara Persia Jakarta vs Persib Bandung. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Situasi duel udara Persia Jakarta vs Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Duel seru terjadi di pertandingan lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-8 antara Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (10/07/19) sore.

Dalam laga tersebut, tuan rumah Persija Jakarta yang mendapat dukungan dari puluhan ribu Jakmania, mampu tampil dominan, khususnya babak pertama.

Babak pertama benar-benar dikuasai oleh Persija Jakarta yang secara terus-menerus menyerang pertahanan Persib Bandung yang memang masih belum kembali ke penampilan terbaiknya di laga ini.

Permainan agresif ditunjukkan oleh Bruno Matos di babak pertama, di mana pemain asal Brasil itu juga beberapa kali mendapat peluang matang. Sayang, mungkin terlalu nafsu dan peluang terbuang begitu saja.

Febri Hariyadi juga diandalkan Persib Bandung untuk mendobrak pertahanan Persija dari sisi samping lapangan. Namun kuatnya pertahanan Persija, masih membuat semua serangan bisa dipatahkan.

Persija baru bisa mencetak gol keunggulan di babak kedua tepatnya menit ke-75, lewat tandukan Marko Simic yang meneruskan umpan dari tendangan sudut Riko Simanjuntak.

Namun sial untuk Persija Jakarta, Artur Gevorkyan yang dimasukkan di pertengahan babak kedua, mencetak gol penyeimbang kedudukan untuk Persib Bandung dan menutup pertandingan dengan skor akhir 1-1.

Apa saja yang terjadi di pertandingan tadi? Berikut analisis pertandingan Liga 1 2019 antara Persija Jakarta vs Persib Bandung dari INDOSPORT.

Pertahanan Rapuh Persib dan Persija yang Buang-buang Peluang

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bruno Matos gagal mengamankan peluang emas di gawang Persib. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTBruno Matos gagal mengamankan peluang emas di gawang Persib.

Pertahanan Persib Bandung yang memang menjadi biang masalah sejak lagi perdana mereka di Liga 1 2019, kembali terbukti di pertandingan menghadapi Persija Jakarta.

Baru saja berjalan tujuh menit, Persija mendapat peluang lewat Yogi Rahadian karena pertahanan Persib yang rapuh. Yogi melepaskan tembakan kencang, namun sepakan mendatarnya masih terlalu mudah untuk Deden Natshir.

Bukti bahwa Persib Bandung terlihat lemah di pertahanan kembali terlihat pada menit ke-22, saat sodoran umpan Yogi ke depan gawang Persib. Bruno Matos ada di sana, namun sontekannya melambung tinggi dari gawang.

Tujuh menit kemudian, umpan terobosan kembali didapat Bruno Matos di mana dia hanya tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Deden Natshir. Sayang tembakannya kembali melebar. 

Persija kembali membuat peluang saat Riko Simanjuntak memegang bola di daerah pertahanan Persib Bandung. Namun sayang, Riko terlalu bingung mengalirkan bola hingga bola kembali direbut oleh Rene Mihelic.

Gol yang Membingungkan dari Kedua Tim

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi selebrasi pemain Persija Jakarta setelah Marko Simic mencetak gol ke gawang Persib Bandung. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTAksi selebrasi pemain Persija Jakarta setelah Marko Simic mencetak gol ke gawang Persib Bandung.

Tidak seperti babak pertama, Persib Bandung di babak kedua berusaha untuk tampil menyerang dengan menit ke-54, tandukan Ezechiel N'Douassel berhasil masuk ke gawang Shahar Ginanjar. Sayang wasit menganulir gol tersebut, karena sebelumnya ada pelanggaran.

Hingga pada menit ke-75, Marko Simic yang sedari awal pertandingan kurang terlihat pergerakannya menanduk umpan terukur Riko Simanjuntak dari tendangan sudut. Bola menghantam tiang atas gawang Persib dan jatuh ke tanah, awalnya beberapa pemain Persib Bandung meminta wasit tidak menganggapnya sebuah gol.

Tapi wasit akhirnya menganggap gol itu resmi karena bola memang sudah sebagian besar melewati garis gawang, jika dikoreksi lewat VAR, mungkin akan dibilang ini memang sebuah gol. Meski begitu, tanpa VAR, gol ini benar-benar membingungkan.

Persija unggul 1-0, tapi Novri Setiawan terlihat emosi saat dirinya kalah adu badan dengan Ezechiel N'Douassel. Dirinya menendang bola dengan sengaja dan mengenai kaki Ezechiel.

Wasit yang melihatnya pun tidak mengindahkan perilaku Novri, kartu merah diberikan dan Persija Jakarta kalah jumlah pemain dari Persib Bandung. Dan yang ditakutkan terjadi.

Unggul jumlah pemain, Persib Bandung lebih leluasa menyerang pertahanan Persija, khususnya lewat sisi sayap yang kini diisi oleh pemain yang baru masuk yaitu Artur Gevorkyan. Bahkan Artur bergerak lebih dinamis menjelang akhir pertandingan dan mungkin itulah yang diperintahkan oleh sang pelatih, Robert Rene Alberts.

Pemain Timnas Turkmenistan itu yang posisinya ditempatkan di posisi gelandang sayap, lebih banyak berada di depan gawang Persija Jakarta. Alhasil, saat kemelut terjadi di depan gawang Shahar Ginanjar, Maman Abdurahman seperti kebingungan, dan Artur berhasil mencetak gol.

Ribuan Jakmania pun dibungkam dengan gol tiba-tiba Artur Gevorkyan, bagaimana tidak, gol terjadi pada injury time menit ke-90+1. Di mana tak banyak waktu tersisa hingga pertandingan berakhir.

Pertandingan Persija Jakarta vs Persib Bandung pun harus berakhir dengan skor imbang 1-1. Dengan hasil pertandingan ini, Persib Bandung kini sudah enam pertandingan beruntun tanpa kemenangan di Liga 1 2019.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%