Liga Spanyol

Resmi, Barcelona Rekrut Wonderkid Jepang yang Pernah ‘Sakiti’ Indonesia

Sabtu, 13 Juli 2019 13:48 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Bintang muda Kashima Antlers, Hiroki Abe, resmi direkrut Barcelona. Copyright: © Getty Images
Bintang muda Kashima Antlers, Hiroki Abe, resmi direkrut Barcelona.

INDOSPORT.COM – Usai merampungkan transfer Antoine Griezmann dari Atletico Madrid, Bercelona kembali bergerak cepat merekrut pemain berikutnya. Kali ini, raksasa LaLiga Spanyol tersebut resmi mengikat bintang muda jepang Hiroki Abe.

Dilansir dari kanal berita sepak bola internasional Independent, Barcelona telah menemui kesepakatan dengan klub pemilik Abe, Kashima Antlers.

Kesepakatan antara Barcelona dengan Kashima Antlers tercapai pada Jumat (12/7/19) lalu. Penghuni Stadion Camp Nou itu dilaporkan harus mengeluarkan biaya sebesar 2 juta euro atau sekitar Rp31 miliar untuk memboyong Abe.

Barcelona kepincut dengan Hiroki Abe setelah pemain berusia 20 tahun itu menampilkan performa ciamik bersama Kashima Antlers. Ia melakoni debut di J.League 1 atau kompetisi kasta teratas Liga Jepang pada musim 2017 lalu.

Dalam tiga musim terakhir, Abe menjadi salah satu pemain yang sangat diandalkan Kashima Antlers. Tiga musim berseragam Kashima, ia mencatatkan total 79 pertandingan di semua kompetisi dengan torehan 10 gol.

Hiroki Abe juga merupakan bagian skuat Kashima Antlers saat menjuarai Liga Champions AFC musim 2018. Sedangkan untuk catatan pribadi, jebolan akademi sepak bola SMA Setouchi itu menyabet gelar Pendatang Baru Terbaik J.League musim 2018.

Abe mulai menarik perhatian internasional ketika membela Timnas Jepang U-19 pada gelaran Piala Asia U-19 tahun 2018 lalu. Pada turnamen yang digelar di Indonesia tersebut, Abe menjadi salah satu pemain yang diandalkan Tim Samurai Muda.

Pada babak perempatfinal, Hiroki Abe bersama Takefusa Kubi dan Yukinari Sugawara menjadi kunci kemenangan Jepang atas Timnas Indonesia U-19. Saat itu, skuat Garuda Muda harus mengakui keunggulan Abe dan kolega dengan skor dua gol tanpa balas.

Usai resmi direkrut Los Cules, Hiroki Abe, yang bisa bermain sebagai gelandang serang atau penyerang, akan bergabung dengan tim Barcelona B terlebih dahulu.