Liga Indonesia

Tak Punya Klub, Bintang Jepang Eks AC Milan Berpeluang Merumput di Liga 1?

Selasa, 16 Juli 2019 00:32 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Bintang Jepang sekaligus mantan penggawa AC Milan yang kini sedang tak punya klub, Keisuke Honda sepertinya berpeluang merumput di Liga 1 2019.

Ya, Keisuke Honda merupakan bintang sepak bola Jepang yang sempat bersinar di Eropa. Ia pernah membela klub top Benua Biru, salah satunya AC Milan (2014-2017).

Namun, kisah kejayaan Honda nampaknya mulai memudar. Kabar teranyar, Honda sudah berstatus pengangguran usai dilepas tim Australia, Melbourne Victory.

Melihat kabar Honda yang sedang menganggur, klub-klub kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019, bisa mengambil kesempatan. Honda dapat dijadikan sebagai perekrutan pemain asing berkualitas.

Honda punya pengalaman panjang di sepak bola Eropa, yakni sekitar tujuh tahun, mulai dari 2010 hingga 2017. Belum lagi, Honda bermental juara dengan berbagai torehan trofi di Benua Biru, seperti gelar Liga Rusia bersama CSKA Moscow (2013 dan 2014), serta Piala Super Italia dengan AC Milan (2016/17).

Sosok Honda sendiri merupakan tipe pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah. Ia juga memiliki kemampuan sebagai versatile player, dengan mampu menempati dua posisi lainnya, yakni gelandang sayap kanan dan winger kiri.

Kelebihan utama Honda yang cukup memukau ialah kemampuannya dalam mengeksekusi tendangan bebas. Ia beberapa kali pernah mencetak gol lewat eksekusi bola mati mematikan.

Kalau ada klub-klub Liga 1 2019 yang mau merekrut Keisuke Honda, perlu menyiapkan biaya cukup mahal untuk persoalan gaji. Bersama klub terakhirnya saja, Honda menurut situs Sydney Morning Herald digaji oleh Melbourne Victory sebesar $5 juta atau sekitar Rp69,7 miliar semusim.

Jika resmi pria berusia 33 tahun itu berani berkarier di Indonesia, akan menjadi keuntungan tersendiri buat Honda. Pasalnya, ia bisa dengan mudah mengunjungi Kamboja untuk melatih tim nasional mereka.

Menjadi pemani dan pelatih sudah dilakoni Honda saat ia masih berstatus pemain Melbourne Victroy. Hal itu yang kemudian mengilhami beberapa klub Liga 1 yang tertarik merekrutnya. 

Pertanyaan selanjutnya, adakah klub Liga 1 2019 yang benar-benar memberikan penawaran untuk merekrut Honda? Biar waktu saja yang menjawabnya.