Bola Internasional

Pasif di Bursa Transfer, Jurgen Klopp 'Sentil' 4 Klub Eropa Terboros saat Ini

Jumat, 19 Juli 2019 13:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Twitter/LFC
Jurgen Klopp tidak mau ambil pusing meski Liverpool tidak banyak beraktivitas di bursa transfer seperti beberapa klub besar lainnya. Copyright: © Twitter/LFC
Jurgen Klopp tidak mau ambil pusing meski Liverpool tidak banyak beraktivitas di bursa transfer seperti beberapa klub besar lainnya.

INDOSPORT.COM – Jurgen Klopp menegaskan Liverpool memang tidak boros soal belanja pemain. Ia bahkan menyebut empat nama klub sepak bola yang menurutnya terbiasa jor-joran saat bursa transfer dibuka.

Sejauh bursa transfer musim panas 2019 ini, Liverpool memang terlihat adem ayem. Padahal, mereka sempat dirumorkan ingin membeli Kylian Mbappe dan Nicolas Pepe yang dibanderol dengan harga sangat mahal.

Hal ini membuat sejumlah pihak bertanya-tanya. Dalam dua musim terakhir, Klopp menggelontorkan dana hampir 300 juta pounds (Rp5,2 triliun) untuk membeli Mohamed Salah, Virgil van Dijk, Fabinho, Naby Keita, Alisson Becker, dan lainnya.

Sejumlah pemain itu telah berkontribusi besar menaikkan level Liverpool hingga berhasil finis di peringkat dua Liga Primer Inggris 2018/19 dengan raihan 97 poin dan menjuarai Liga Champions pada musim yang sama.

“Kami cukup santai (dalam transfer), kami akan melihat apa yang terjadi,” kata Klopp saat mendamping tim di tur pramusim di Indiana, seperti diberitakan portal berita sepak bola 90min dari laman resmi klub.

“Kami menggelontorkan banyak uang dalam dua tahun terakhir. Tetapi, kami tidak bisa menghabiskan uang setiap tahun dengan cara yang sama,” imbuh pelatih asal Jerman itu.

“Orang-orang menggunjing, ‘Sekarang 300 juta pounds atau 200 juta pounds’. Mungkin hanya ada dua klub di dunia, seperti Barcelona dan Real Madrid yang bisa melakukan hal yang sama, Manchester City dan PSG juga bisa melakukannya setiap tahun.”

Bisa dipahami bahwa keempat klub papan atas Eropa itu diketahui memiliki modal besar. Mereka tidak akan keberatan jika harus membayar ratusan juta untuk membeli pemain yang diinginkan.

Terutama Barcelona dan Real Madrid berlomba-lomba mendatangkan pemain superstar, mulai dari Antoine Griezmann dan Frenkie de Jong yang merapat ke Camp Nou, serta Eden Hazard dan Luka Jovic ke Santiago Bernabeu.

Bertolak belakang dengan Liverpool, mereka justru membeli bek berusia 17 tahun asal Belanda, Sepp van den Berg dari klub Eredivisie, PEC Zwolle alih-alih membeli pemain dengan nama besar untuk dimasukkan ke tim senior.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%