Bola Internasional

Van Dijk: Saatnya Bek Raih Ballon d’Or Tahun 2019

Senin, 22 Juli 2019 02:10 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Yohanes Ishak
© Marc Atkins/Getty Images
Virgil van Dijk saat mengangkat trofi Liga Champions 2018/19. Copyright: © Marc Atkins/Getty Images
Virgil van Dijk saat mengangkat trofi Liga Champions 2018/19.

INDOSPORT.COM - Pemain Liverpool, Virgil van Dijk mengatakan sudah saatnya penghargaan bergengsi sepak bola Eropa, Ballon d’Or diraih oleh seorang bek.

Kedatangan Van Dijk ke Anfield di musim lalu membawa perubahan signifikan bagi tim asuhan Jurgen Klopp. Mereka bahkan baru saja memenangkan Liga Champions beberapa bulan lalu.

Bersama Liverpool di semua kompetisi, Van Dijk membuat 50 penampilan, mencatatkan 26 clean sheet, kebobolan 34 gol dan tidak kalah dalam duel satu lawan satu.

Setelah meraih penghargaan sebagai pemain terbaik Liga Primer tahun lalu, Van Dijk menjadi kandidat kuat untuk meraih Ballon d’Or tahun ini. Bek terakhir yang mendapatkannya adalah Fabio Cannavaro di 2006.

"Untuk mendapatkan Pemain Terbaik Tahun Ini adalah kehormatan yang luar biasa karena itu dipilih oleh para pemain lain," kata Van Dijk kepada situs web resmi Liverpool seperti dikutip dari Give Me Sport.

Berbicara soal Ballon d’Or, pemain Timnas Belanda itu mengaku adalah satu kehormatan jika ia memilikinya. Namun, tak banyak yang bisa ia lakukan.

“Saya tidak dapat menyangkal bahwa saya memiliki musim yang cukup baik tahun lalu, jadi satu-satunya hal yang dapat saya lakukan sekarang hanyalah fokus pada musim baru dan semakin baik,” tukasnya.

Ia menambahkan, “Saya dapat memahami fakta bahwa biasanya penyerang atau pemain bernomor pungggung 10 memenangkan Ballon d’Or karena lebih menarik untuk dilihat. Tapi mungkin sudah tiba saatnya itu berubah.”

Bukan tidak mungkin bagi Virgil van Dijk memenangkan Ballon d'Or mengingat peranannya dalam membantu Liverpool bersaing di Liga Primer Inggris serta sukses meraih gelar Liga Champions 2018/19 sangat signifikan.