Bola Internasional

Lebih Hebat dari Eks AC Milan, Deretan Kiper Jebolan Liga Inggris Ini Bisa Diboyong Persib

Sabtu, 3 Agustus 2019 09:10 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
© Robert Perry/PA Images via Getty Images
Mantan kiper Liverpool, Adam Bogdan. Foto: Robert Perry/PA Images via Getty Images Copyright: © Robert Perry/PA Images via Getty Images
Mantan kiper Liverpool, Adam Bogdan. Foto: Robert Perry/PA Images via Getty Images

INDOSPORT. COM - Persib Bandung baru-baru ini dikaitkan dengan eks kiper AC Milan, Jacopo Viola. Bila ditelaah lebih jauh, sebenarnya ada beberapa kiper jebolan Liga Primer Inggris yang lebih berkualitas dan bisa diboyong oleh Si Biru.

Perkara penjaga gawang belakangan menjadi masalah yang sedang dirisaukan Persib. Pasukan Robert Rene Alberts mengalami krisis kiper akibat cederanya Deden Natshir dan I Made Wirawan.

Persib Bandung sebenarnya sudah memberikan kesempatan pada kiper ketiganya, Aqil Savik, dalam laga kontra Arema FC. Akan tetapi, gawang mereka malah dibobol lima kali oleh para pemain Singo Edan.

Melihat situasi memprihatinkan ini, manajemen Persib lantas ingin mencari sosok kiper baru. Manajer Umuh Muchtar menjelaskan kalau target yang sedang diburu adalah seorang kiper yang berasal dari luar negeri.

Belakangan, muncul nama eks kiper AC Milan, Jacopo Viola, yang dikaitkan dengan Persib. Sang pemain bahkan sudah memberikan lampu hijau andai Maung Bandung berniat memboyongnya.

Namun, Persib Bandung sebenarnya masih memiliki opsi menarik lainnya. Sebab di luar sana, ada beberapa kiper jebolan Liga Primer Inggris yang lebih hebat dari Jacopo dan juga bisa mereka pertimbangkan.

Lalu, siapa sajakah kira-kira para kiper jebolan Liga Inggris yang dimaksudkan itu? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Ali Al-Habsi

© Sports Mole
Penjaga gawang yang pernah bersinar di Liga Primer Inggris Copyright: Sports MolePenjaga gawang yang pernah bersinar di Liga Primer Inggris

Nama kiper jebolan Liga Primer Inggris yang paling logis untuk bisa direkrut Persib Bandung ialah Ali Al Habsi. Selain berpengalaman di kompetisi Eropa, dia masuk kategori pemain yang berasal dari kawasan Asia, tepatnya Oman.

Al Habsi sempat berseragam klub medioker Liga Primer Inggris, Bolton Wanderers. Namun, puncak kariernya baru tercipta ketika membela Wigan Athletic.

Buktinya, pada 2013, Al Habsi menjadi penjaga gawang utama Wigan kala berhasil menjuarai Piala FA. Hebatnya lagi, dalam laga final, tim yang dikalahkan adalah raksasa Liga Primer Inggris, Manchester United.

Al Habsi kini kondisinya sedang menganggur usai dilepas klub Arab Saudi, Al Hilal Riyadh, pada 17 Juli lalu. Andai Persib Bandung berminat, dia bisa diboyong secara gratis.

Adrian

© West Ham United
Penjaga gawang yang pernah bersinar di Liga Primer Inggris Copyright: West Ham UnitedPenjaga gawang yang pernah bersinar di Liga Primer Inggris

Adrian namanya sudah begitu melekat dengan klub Liga Primer Inggris, West Ham United. Sejak 2013 hingga 2019, dia menjadi salah satu andalan West Ham di bawah mistar gawang.

Ya, bersama West Ham, Adrian telah tampil sebanyak 150 kali. Bahkan Adrian merupakan seorang pemain senior West Ham yang disegani dan kerap didaulat sebagai kapten tim.

Kini, Adrian telah dilepas West Ham dan sedang menganggur. Andai Persib Bandung berminat, nama Adrian jelas dapat menjadi opsi menarik untuk direkrut.

Adam Bodgan

© https://twitter.com/livecholfc/status/671594497596399616
Penjaga gawang yang pernah bersinar di Liga Primer Inggris Copyright: https://twitter.com/livecholfc/status/671594497596399616Penjaga gawang yang pernah bersinar di Liga Primer Inggris

Para pendukung Liverpool pasti mengenal betul dengan sosok kiper yang satu ini. Awal kedatangan Jurgen Kloop pada tahun 2015 lalu, Adam Bodgan jadi salah satu pemain yang diboyong Liverpool ke Anfield.

Kiprah Bodgan sebenarnya lebih cemerlang bersama klub sebelum Liverpool, yakni Bolton Wanderers. Bodgan bahkan dua tahun berturut-turut (2012, 2013) didaulat sebagai pemain terbaik Bolton Wanderers.

Sayangnya, Adam Bodgan kini sudah tak memiliki klub lagi usai dilepas Liverpool pada 1 Juli lalu. Andai Persib Bandung berminat, namanya bisa menjadi opsi menarik untuk direkrut.