Liga Inggris

Menerka Peluang Liverpool dan Manchester City Merebut Gelar Community Shield 2019

Minggu, 4 Agustus 2019 14:44 WIB
Editor: Juni Adi
© Twitter@ManCityEs
David Silva saat dijaga ketat oleh para pemain Liverpool, dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris musim 2018/19. Copyright: © Twitter@ManCityEs
David Silva saat dijaga ketat oleh para pemain Liverpool, dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris musim 2018/19.

INDOSPORT.COM - Sudah menjadi tradisi di sepak bola Inggris, sepekan sebelum bergulirnya Premier League musim baru mereka selalu menggelar satu pertandingan penting, bertajuk Community Shield.

Ajang yang awalnya sebuah laga amal dengan nama Charity Shield itu, tahun ini mempertemukan dua tim yang finis di papan atas Liga Primer Inggris musim 2018/19 lalu.

Mereka adalah Manchester City dan Liverpool. Hal tersebut dikarenakan, The Citizens yang menjadi juara Liga Primer Inggris, juga merupakan jawara Piala FA serta Piala Liga Inggris (treble domestik). 

Sehingga lawan City untuk pertandingan pemanasa ini adalah Liverpool, yang finis di peringkat kedua di Liga Primer Inggris musim lalu. Duel antara Liverpool vs Man City akan tersaji di Stadion Wembley pada Minggu (04/08/19) malam WIB. 

Jurgen Klopp Punya Catatan Bagus Atas Pep Guardiola

Jelang laga tersebut, The Reds sedikit lebih diunggulkan karena juru taktik mereka, Jurgen Klopp punya catatan bagus atas Pep Guardiola -pelatih Manchester City- di ajang eksebisi pembuka awal musim ini.

Klopp pernah bertemu Pep ketika keduanya masih membesut tim Jerman, Borussia Dortmund dan Bayern Munchen. Dari dua pertemuan di Piala Super Jerman atau Community Shield-nya Jerman, Klopp menyapu bersih kemenangan.

Pertemuan pertama pada Juli 2013, ia membawa Dortmund menang 4-2 atas Bayern Munchen-nya Pep. Lalu dikesempatan kedua, setahun berselang Klopp kembali menaklukkan Pep kali ini dengan skor 2-0.

Tapi pelatih yang identik dengan kacamata dan brewoknya itu menilai catatan tersebut, tidak perlu dibesar-besarkan karena sukses itu ditidak bisa ia tularkan ke Liga karena sejak 2013, Munchen selalu menjadi juara Bundesliga.

Dua Tim Tanpa Sejumlah Pilar Utama

Terlebih Liverpool di laga nanti, harus kehilangan empat pemain bintangnya. Mereka adalah Sadio Mane yang baru bergabung pada Senin (05/08/19).

Nathaniel Clyne dan Caoimhin Kelleher yang masih dibekap cedera, serta pemain sayap Ryan Kent belum fit sebagaimana dikonfirmasi oleh Liverpool di lam resmi mereka.

"Kami memang memenangi Piala Super (di Jerman), tapi Pep mendominasi liga di periode tersebut. Itu (pertandingan Piala Super) jelas tidak membantu kami atau melukai mereka," ujar Jurgen Klopp di situs resmi Liverpool.

"Memang selalu begitulah di sepakbola, saya tak mau membesar-besarkannya. Cukup dari sudut pandang motivasi saja," tambahnya.

Senasib dengan calon lawannya, Manchester City juga akan tampil tanpa sejumlah bintang andalan. Mereka berpeluang tak diperkuat Fernandinho, Benjamin Mendy yang masih cedera.

Serta beberapa pemain yang membela negaranya di ajang Copa America dan Piala Afrika seperti Sergio Aguero, Riyad Mahrez, Ederson, Gabriel Jesus, dan Niclas Otamendi.

Musim lalu, ajang Community Shield 2018 dimenangkan oleh Manchester City dengan skor 2-0 atas Chelsea di Stadion Wembley pada 05 Agustus 2018. Dua gol City dicetak oleh Sergio Aguero menit ke-13 dan ke-58.