Bola Internasional

Kiprah Liverpool di Piala Super Eropa, Klub Inggris Tersukses

Selasa, 13 Agustus 2019 21:31 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Michael Regan/Getty Images
Potret keberhasilan Liverpool juara Liga Champions usai menaklukan Tottenham dengan skor 2-0 tanpa balas. Michael Regan/Getty Images Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Potret keberhasilan Liverpool juara Liga Champions usai menaklukan Tottenham dengan skor 2-0 tanpa balas. Michael Regan/Getty Images

INDOSPORT.COM - Piala Super Eropa 2019 akan mempertemukan dua wakil Premier League Inggris, Liverpool vs Chelsea, Kamis (15/08/19) dini hari WIB, di BJK Vodafone Park, Istanbul, Turki.

Liverpool datang sebagai jawara Liga Champions 2018/19, sementara Chelsea menyandang status juara Liga Europa 2018/19.

Derby Inggris di final Piala Super Eropa kali ini semakin menarik dengan kehadiran wasit wanita Stephanie Frappart yang akan memimpin pertandingan.

Stephanie akan mencatatkan sejarah baru sebagai ofisial wanita pertama yang memimpin pertandingan kompetisi pria di level Eropa.

Di luar fakta menarik tersebut, pertarungan antara Liverpool vs Chelsea tetap akan menjadi pusat perhatian. Liverpool memperkuat rekor sebagai klub Inggris tersukses di Piala Super Eropa.

Kuasai Tiga Gelar

Liverpool sejauh ini menjadi klub Inggris tersukses di Piala Super Eropa. The Reds telah meraih tiga gelar juara dan dua kali runner up.

Tiga gelar juara Liverpool diraih pada tahun 1977, 2001, dan 2005, sementara posisi runner up didapat pada musim 1978 dan 1984.

Raihan trofi Piala Super Eropa terakhir Liverpool diraih pada tahun 2005. Liverpool sebagai juara Liga Champions berjumpa CSKA Moscow yang menyabet gelar Liga Europa.

Bermain di Stade Louis II, Monaco, Liverpool sempat kesulitan menghadapi CSKA Moskow bahkan The Reds harus tertinggal terlebih dahulu pada menit ke-28 melalui gol Daniel Carvalho.

Liverpool baru menyamakan kedudukan pada menit ke-82 melalui gol Djibril Cisse dan memaksakan babak perpanjangan waktu. Liverpool akhirnya menang dan mengangkat trofi Piala Super Eropa 2005 setelah unggul 3-1.

Siap Raih Trofi Keempat

Liverpool berpotensi meraih gelar Piala Super Eropa keempat jika mampu mengalahkan Chelsea. Rekor tersebut akan menyamai Real Madrid yang telah mengoleksi empat gelar.

Klub tersukses di ajang Piala Super Eropa sejauh ini adalah Barcelona dan AC Milan. Keduanya sejauh ini telah meraih lima piala.

Kans Untuk Juara

Liverpool memiliki kans untuk menyabet juara Piala Super Eropa 2019 mengalahkan Chelsea. Hal tersebut berkaca pada rekor juara Piala Super Eropa yang didominasi dari kampiun Liga Champions.

Menurut catatan sejarah, lima dari enam juara Piala Super Eropa terakhir selalu dimenangkan juara Liga Champions.

Terakhir kali juara Liga Europa bisa meraih trofi terjadi musim 2018 lalu yang didapat Atletico Madrid. Selebihnya, lima musim terakhir Piala Super Eropa selalu dikuasai juara Liga Champions.

Piala Super Eropa yang mempertemukan juara Liga Champions dengan juara Liga Europa dimulai pada 2000 saat Galatasaray melawan Real Madrid. Dalam 19 edisi terakhir, juara Liga Champions selalu keluar sebagai pemenang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%