Bola Internasional

Prediksi Pertandingan Piala Super Eropa 2019 Liverpool vs Chelsea: Berebut Penguasa Eropa

Selasa, 13 Agustus 2019 15:31 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Liverpool vs Chelsea. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Liverpool vs Chelsea.

INDOSPORT.COM - Jawara Liga Champions, Liverpool dan juara Liga Europa, Chelsea akan saling bertemu di Stadion Vodafone Park dalam ajang Piala Super Eropa pada Kamis (15/08/19) dini hari WIB.

Jelang laga tersebut, nasib berbeda dialami oleh kedua tim. Liverpool tengah percaya diri lantaran baru saja meraih kemenangan besar 4-1 di pekan perdana Liga Primer Inggris 2019/20, melawan Norwich City pada Sabtu (10/08/19) lalu.

Sementara Chelsea, datang ke Istanbul, Turki dengan hati terluka setelah dibantai oleh Manchester United 0-4 di laga perdana Liga Primer Inggris, Minggu (11/08/19) kemarin.

Namun perbedaan hasil pertandingan di liga domestik itu bukan berarti The Reds bisa menang mudah. Pasalnya, tim besutan Jurgen Klopp itu tidak bisa menurunkan skuat terbaiknya karena beberapa pemain andalannya harus absen.

Salah satunya adalah kiper utama, Alisson Becker. Pemain asal Brasil itu dipastikan tidak bisa tampil karena dibekap cedera betis, yang dideritanya saat melawan Norwich City pekan lalu.

Sebagai gantinya, kiper kedua Liverpool yang baru bergabung, Adrian San Miguel siap diturunkan sejak menit awal. Sebelumnya, ia sudah melakoni debut saat menjadi pengganti Alisson di laga melawan Norwich.

"Saya tidak memprediksi kapan dia bisa kembali yang pasti bukan besok, jadi kita lihat dulu. Biasanya sih hanya butuh beberapa pekan, tapi kita lihat saja," kata Jurgen Klopp.

"Saya sudah membaca di beberapa media katanya absen selama enam bulan dan sebagainya. Tapi Ali (Alisson) jarang cedera, jadi saya menunggu saya bagaimana proses pemulihannya. Tapi, yang pasti dia tidak bisa bermain dalam beberapa pekan ke depan (termasuk UEFA Super Cup)," sambungnya.

Absennya Alisson Becker merupakan sebuah kabar bagus bagi Chelsea. Apalagi mereka didukung oleh rekor pertemuan saat bertemu Liverpool.

Dari 10 pertandingan terakhir kedua tim, Chelsea unggul dengan mengantongi tiga kali kemenangan. Sementara itu, The Reds memetik dua kemenangan, lima pertandingan sisanya berakhir imbang.

Player to Watch

Mohamed Salah (Liverpool)

© Laurence Griffiths/Getty Images
David Silva berusaha menggagalkan aksi Mohamed Salah. Laurence Griffiths/Getty Images Copyright: Laurence Griffiths/Getty ImagesDavid Silva berusaha menggagalkan aksi Mohamed Salah. Laurence Griffiths/Getty Images

Mohamed Salah masih akan jadi pemain andalan di lini depan Liverpool musim ini karena konsistensi permainan dan ketajamannya di depan gawang lawan.

Hal itu sudah dibuktikan kala menyumbang 1 gol dalam kemenangan 4-1 atas Norwich pekan lalu di Liga Primer Inggris. Selain jadi mesin gol, Salah juga bisa jadi pelayanan yang handal.

Ia kerap memberikan assist-assist yang matang, untuk dikonfersi menjadi gol. Hal tersebut membuat Mohamed Salah patut diwaspadai oleh barisan belakang Chelsea.

Pedro (Chelsea)

© Getty Images
Pedro bawa keunggulan AC Milan atas Juventus Copyright: Getty ImagesPenyerang sayap milik Chelsea, Pedro.

Lini depan Chelsea musim ini memang tampil sangat mengecewakan khususnya ketika berlaga di pekan perdana Liga Primer Inggris menghadapi Manchester United pekan lalu.

Dari toatal total 18 tendangan ke gawang, hanya 7 yang tepat sasaran tapi tidak ada satu pun yang berbuah gol. Statistik tersebut jadi bukti buruknya lini depan The Blues.

Kendati demikian, lini serang Chelsea tetap saja berbahaya. Ia mempunyai beberapa pemain berkualitas salah satunya adalah Pedro.

Di laga melawan Man United, Pedro beberapa kali menciptakan peluang berbahaya. Bukan tidak mungkin, pemain asal Spanyol itu bisa jadi momok bagi lini belakang Liverpool nanti.

5 Pertandingan Terakhir Liverpool

10 Agustus 2019: Liverpool 4-1 Norwich City (Liga Primer Inggris)

04 Agustus 2019: Liverpool (4) 1-1 (5) Manchester City (Community Shield)

01 Agustus 2019: Liverpool 3-1 Lyon (Uji Coba)

28 Juli 2019: Liverpool 0-3 Napoli (Uji Coba)

25 Juli 2019: Liverpool 2-2 Sporting Lisbon (uji Coba)

5 Pertandingan Terakhir Chelsea

11 Agustus 2019: Manchester United 4-0 Chelsea (Liga Primer Inggris)

03 Agustus 2019: Borussia Monchengladbach 2-2 Chelsea (Uji Coba)

01 Agustus 2019: RB Leipzig 3-5 Chelsea (Uji Coba)

28 Juli 2019: Reading 3-4 Chelsea (Uji Coba)

23 Juli 2019: Barcelona 1-2 Chelsea (Uji Coba)

Prediksi Susunan Pemain:

Liverpool (4-3-3)

Adrian; Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Robertson; James Milner, Fabinho, Henderson; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Chelsea (4-2-3-1)

Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Kurt Zouma, Andreas Christensen, Emerson; Jorginho, Mateo Kovacic; Pedro, Ross Barkley, Christian Pulisic; Olivier Giroud.

Prediksi INDOSPORT:

Liverpool 60% - Imbang 10% - Chelsea 30%