Liga Indonesia

Stefano Cugurra Teco Soal Sistem Bertahan Kuat di Bali United

Rabu, 21 Agustus 2019 11:04 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT/Nofik Lukman Hakim
Stefano Cugurra Teco mengomentari laga Bali United vs Semen Padang di Liga 1 2019. INDOSPORT/Nofik Lukman Hakim Copyright: © INDOSPORT/Nofik Lukman Hakim
Stefano Cugurra Teco mengomentari laga Bali United vs Semen Padang di Liga 1 2019. INDOSPORT/Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Pelatih tim Shopee Liga 1 2019 Bali United, Stefano Cugurra Teco, mengungkapkan pentingnya penerapan sistem bertahan yang kuat di tiap tim yang ia latih.

Sistem bertahan yang kuat merupakan ciri khas dari tim besutan Stefano Cugurra Teco. Dalam tiga musim beruntun, tim yang dibesutnya selalu jadi tim paling sedikit kebobolan.

Selama dua musim Teco melakukannya di Persija. Pada kompetisi Liga 1 2017, Persija hanya kebobolan 24 gol dari 34 pertandingan. Prestasi itu berbuah peringkat empat bagi tim Macan Kemayoran.

Pada musim 2018, Persija hanya kebobolan 36 gol dari 34 pertandingan. Persija pun pada akhir musim menjadi jawara Liga 1, dengan koleksi 62 poin.

Prestasi ini kembali diulang saat membesut Bali United. Dari 14 laga yang sudah dijalani, Bali United baru kebobolan sembilan gol saja. Bali United menjadi tim dengan prosentase kebobolan paling sedikit hingga pekan ke-15, termasuk saat mengalahkan Madura United 1-0, Selasa (20/8/19).

Teco pun membuka kunci sukses timnya selalu jadi tim dengan pertahanan terkuat. Semua itu merupakan buah kerja keras para pemain dalam latihan.

"Saya punya sistem dalam latihan, buat semua pemain kerja keras waktu hilang bola. Saya tahu tim saya punya pemain depan berkualitas. Mereka bisa mencetak gol, minimal satu gol dalam pertandingan. Kadang, satu gol sudah cukup buat hasil tiga poin," ucap Teco dalam jumpa pers di Pamekasan, Selasa (20/08/2019).

Teco menyebut sistem yang dibangunnya bisa dijalankan dengan baik oleh para penggawa Bali United. Mereka bisa bertahan bersama-sama, dan menyerang bersama-sama. Kini, tinggal menanti seberapa konsisten penggawa Bali United bisa mengikuti arahan Teco.

"Semua tergantung latihan. Waktu kerja sama bagus, pasti lebih mudah buat tidak kebobolan, seperti kemarin di Persija, dan sekarang di Bali United, banyak pemain baru, tapi sistemnya tetap sama," tutur Teco.