Bola Internasional

Jalani Karier Sebagai Pelatih, Xabi Alonso: Saya Belajar dari Mourinho dan Guardiola

Jumat, 23 Agustus 2019 18:20 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Mantan pemain Liverpool, Xabi Alonso, mengaku masih menghubungi beberapa pelatih yang pernah bekerja sama dengannya, termasuk Jose Mourinho dan Pep Guardiola. Copyright: © Getty Images
Mantan pemain Liverpool, Xabi Alonso, mengaku masih menghubungi beberapa pelatih yang pernah bekerja sama dengannya, termasuk Jose Mourinho dan Pep Guardiola.

INDOSPORT.COM - Menjalani karier sebagai pelatih banyak diambil oleh para pesepak bola ternama pasca-pensiun, termasuk Xabi Alonso. Legenda Liverpool tersebut kini melatih tim yang ia bela di awal kariernya, yakni Real Sociedad B.

Bahkan untuk memperlancar kariernya sebagai pelatih, Xabi mengakui dirinya banyak belajar dari beberapa pelatih yang pernah bekerja sama dengannya kala masih bermain. Pengalaman tersebut membuat ia bisa memahami profesinya sekarang.

"Tentu saja saya telah mengambil banyak pelajaran dari mereka semua (para pelatih). Saya cukup beruntung bermain bagi klub-klub hebat, dengan para pemain, rekan setim, dan manajer yang hebat," ujar Xabi Alonso.

Secara khusus, Xabi Alonso masih menghubungi beberapa mantan pelatihnya tersebut serta memahami cara mereka dalam melatih. Namun, ia begitu saja meniru taktik dari para mantan pelatihnya, termasuk Jose Mourinho dan Pep Guardiola.

"Sesekali saya menghubungi mereka (mantan pelatih). Saya mencoba untuk tetap berhubungan dengan beberapa dari mereka yang memiliki hubungan yang baik dengan saya selama berkarier," cetusnya.

"Itu hal baik yang Anda miliki setelah 18 tahun bermain sepak bola. Saya beruntung memiliki kontak dengan John Toshack, Jose Mourinho, Pep Guardiola, dan Vicente Del Bosque," imbuh Xabi Alonso.

Xabi Alonso pernah bekerja sama dengan para pelatih tersebut kala masih aktif bermain. Sebagai pelengkap, mantan gelandang Liverpool ini pernah bekerja sama dengan Jose Mourinho di Real Madrid dan Pep Guardiola di Bayern Munchen.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%