Bola Internasional

Deretan Rekor yang Dicetak Virgil van Dijk Usai Jadi Pemain Terbaik Eropa 2019

Jumat, 30 Agustus 2019 14:54 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Virgil van Dijk dinobatkan UEFA sebagai Pemain Terbaik Eropa 2019 pada acara yang digelar berbarengan dengan undian babak grup Liga Champions 2019/20 di Monako, Kamis (29/08/19).

Van Dijk terpilih sebagai Pemain Terbaik Eropa 2019 setelah mengalahkan dua nama besar lainnya, yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Pencapaian fantastis bersama Liverpool membuat palang pintu asal Belanda itu dinobatkan sebagai pemain terbaik di Benu Biru.

Keberhasilan Virgil van Dijk meraih gelar Pemain Terbaik Eropa 2019 membuatnya mengikuti jejak Steven Gerrard. Eks gelandang flamboyan itu merupakan pemain Liverpool terakhir yang berhasil meraih gelar individu paling prestisius di Eropa.

Gerrard dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa pada tahun 2005 lalu. Setelah lebih dari satu dekade, Liverpool akhirnya kembali memiliki pemain yang sukses menyabet gelar tersebut.

Tak hanya menyamai catatan Gerrard, Van Dijk kini juga berdiri sejajar dengan Cristiano Ronaldo yang tercatat sebagai pemain Liga Inggris terakhir yang meraih gelar Pemain Terbaik Eropa pada tahun 2008 lalu.

Rekor Van Dijk semakin mentereng karena ia merupakan pemain asal Belanda sekaligus bek pertama yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa.

Sepanjang musim lalu, penampilan Virgil van Dijk bersama Liverpool memang sangat istimewa. Ia menjadi salah satu kunci keberhasilan The Reds meraih trofi juara Liga Champions 2018/19 dan bersaing di papan atas Liga Inggris.

Liverpool sendiri menempatkan dua bintangnya dalam penghargaan UEFA tahun ini. Selain Virgil van Dijk yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa 2019, kiper Alisson Becker juga dianugerahi gelar Kiper Terbaik Liga Champions 2018/19.