Bola Internasional

4 Gol Vs Lithuania, Ini Deretan Rekor Gila Cristiano Ronaldo

Rabu, 11 September 2019 05:25 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, mencetak rekor gila lewat empat gol yang ia sarangkan untuk membawa Portugal menekuk Lithuania 5-1 di Kualifikasi Euro 2020, Rabu (11/9/19) dini hari WIB.

Gol-gol Ronaldo ke jala tuan rumah Lithuania tercipta pada menit ketujuh dari titik putih, lalu menit ke-62, 65', dan 76'.

Atas gol-gol tersebut, Ronaldo pun mengukir sejumlah catatan gila. Pertama, mantan pemain Real Madrid itu merupakan pemain Portugal ketiga yang mencetak empat gol dalam satu laga kompetitif setelah Eusebio (pada 1966) dan Nuno Gomes (2002).

Akan tetapi, Ronaldo lebih hebat karena sesungguhnya, ia pernah mencetak quattrick buat Portugal pada 2016. Hal itu terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2018 kontra Andorra pada Oktober 2016.

Secara keseluruhan, Cristiano Ronaldo telah membukukan 54 hattrick baik di level klub maupun timnas.

Tak hanya itu, tambahan empat gol berarti Ronaldo telah mengemas 93 gol bagi Portugal. Hal ini membawanya sebagai top skorer Eropa sekaligus nomor dua terbanyak di level internasional. Catatannya hanya kalah dari legenda sepak bola Iran, Ali Daei, yang membukukan 109 gol bagi negaranya.

Belum cukup, tambahan empat gol tersebut membawa Ronaldo sebagai top skorer sepanjang sejarah kualifikasi Euro dengan total 25 gol. Sebelumnya, rekor dipegang oleh mantan pemain Timnas Inggris, Robbie Keane, dengan 23 gol.

Sementara itu, golnya dini hari tadi berarti Ronaldo telah menjebol gawang 40 timnas berbeda. Ya, Lithuania menjadi negara ke-40 yang merasakan gol CR7. Layakkah menyebut Cristiano Ronaldo sebagai pesepak bola terbaik yang pernah ada?