Liga Indonesia

Termasuk PSS Sleman, 4 Klub Tak Depak Pemain Asing di Paruh Musim Liga 1 2019

Sabtu, 14 September 2019 15:15 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Debut di Liga 1, sejumlah pemain asing langsung mengalami kenaikan harga Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Debut di Liga 1, sejumlah pemain asing langsung mengalami kenaikan harga

INDOSPORT.COM - Terdapat empat klub yang sejauh ini tak mendepak pemain asing di paruh musim Liga 1 2019 dan salah satunya ialah PSS Sleman.

Bursa transfer paruh musim Liga 1 2019 akan berakhir pada 16 September. Sederet kontestan memilih merombak pemain, termasuk legiun asing.

Pergantian pemain asing tak lepas dari performa mereka yang mungkin saja belum menunjukan sisi positif untuk tim selama paruh pertama.

Terlebih tiap peserta ingin menjadi juara ataupun terhindar dari zona degradasi. Maka pemain asing baru yang lebih kompeten mereka datangkan.

Fenomena pergantian pemain asing pada paruh musim Liga Indonesia memang bukanlah hal baru. Pasalnya setiap klub memiliki ambisi tinggi akan juara.

© Agil Mubarok/Indosport
Logo Klub Liga 1 2019 Copyright: Agil Mubarok/IndosportLogo Klub Liga 1 2019

Meski demikian ternyata ada pula klub Liga 1 2019 yang tak melepas pemain asing di paruh musim. Mereka tampaknya memiliki penilaian tersendiri akan hal tersebut.

Mungkin saja memang performa para legiun asing yang dikontrak begitu apik. Nah, tak perlu berlama-lama berikut deretan klub Liga 1 2019 yang tak lepas pemain asing.

1. Bali United

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Skuat Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar pada ajang Liga 1 2019. Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTSkuat Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar pada ajang Liga 1 2019.

Bali United menjadi salah satu klub Liga 1 2019 yang tak merombak pemain asing di paruh musim. Karena progres mereka dianggap bagus.

Hal itu disampaikan langsung oleh pelatih Serdadu Tridatu Stefano Cugurra Teco. Kedatangan mereka memang membuat Bali United kini bertengger di posisi pertama Liga 1 2019.

"Saya pikir mereka bisa bantu banyak dan bisa lebih bagus di putaran kedua," papar Teco kepada wartawan, pertengahan Agustus 2019.

Saat ini Bali United memiliki empat pemain asing, yaitu Melvin Platje (non-Asia), Brwa Nouri (Asia), Willian Pacheco (non-Asia), dan Paulo Sergio (non-Asia).

Hal serupa juga pernah dilakukan Bali United ketika pada musim 2017 lalu. Namun di 2018, Bali United harus melepas pemain asing karena tak sesuai ekspektasi

2. Persipura Jayapura

© Sudjarwo/INDOSPORT
Skuat Persipura Jayapura Liga 1 2019. Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTSkuat Persipura Jayapura Liga 1 2019.

Kemudian ada Persipura Jayapura yang menjadi salah satu klub Liga 1 2019 tak lepas pemain asing pada paruh musim kali ini.

Bahkan hal tersebut ditegaskan langsung oleh kepala pelatih Mutiara Hitam Jacksen F. Tiago. Dirinya sempat mendekati beberapa pemain, tetapi atas pertimbangan lain maka tak jadi direkrut.

"Di Liga 1 itu tak mungkin bisa langsung bagus sehingga saya langsung berkomunikasi dengan manajemen dan memutuskan tidak mengambil pemain baru," ujar Jacksen kepada INDOSPORT, Kamis (12/09/19).

Persipura memiliki empat pemain asing seperti Andre Ribeiro (non-Asia), Mamadou Samassa (non-Asia), Ibrahim Conteh (non-Asia), dan Oh In-kyun (Asia).

Dalam dua musim edisi Liga 1 sebelumnya, Persipura kerap melepas pemain asing di paruh musim lantaran tak sesuai harapan manajemen.

3. PSS Sleman

© pssleman
Aksi selebrasi pemain PSS Sleman usai bobol gawang Borneo FC di Liga 1 2019 pekan ke-13. Copyright: psslemanAksi selebrasi pemain PSS Sleman usai bobol gawang Borneo FC di Liga 1 2019 pekan ke-13.

Sementara itu menurut pelatih PSS Sleman Seto Nurdyantoro juga belum ada rencana untuk melepas pemain asing di paruh kedua Liga 1 2019.

Bagi Seto, pemain asing atau lokal yang bakal dilepas harus dibicarakan dulu dengan manajemen. Sehingga dirinya belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut.

"Belum tahu. Apakah (legiun) asing bakal dipertahankan atau melepas (pemain lama) dan menambah pemain baru," papar Seto kepada pewarta, Agustus 2019.

Super Elang Jawa sendiri memiliki empat pemain asing, yaitu Guilherme Batata (non-Asia), Alfonso de la Cruz (non-Asia), Yevhen Bokhashvili (non-Asia), dan Brian Ferreira (Asia).

4. Tira Persikabo

© Arif Rahman/INDOSPORT
Skuat PS Tira-Persikabo. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTSkuat PS Tira-Persikabo. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Terakhir ada Tira Persikabo yang sejauh ini belum ada tanda-tanda untuk melepas keempat pemain asing mereka di paruh musim Liga 1 2019.

Menurut sang juru taktik Rahmad Darmawan, jika ada peluang untuk merekrut pemain baru pasti akan dilakukan. Tetapi sulit untuk bisa merekrut pemain berkualitas saat ini.

"Kami bakal membicarakan hal itu dengan manajer agar kami tak sia-sia dalam mendatangkan pemain baru," ujar Rahmad kepada wartawan, Agustus 2019.

Sejauh ini Tira Persikabo memiliki Ciro Alves (non-Asia), Luoise Parfait (non-Asia), Loris Arnaud (non-Asia), dan Khurshed Beknazarov (Asia).

Pada edisi 2018 dan 2017 lalu, Tira Persikabo kerap melepas pemain asing pada paruh musim. Lantaran legiun yang direkrut tak berjalan sesuai ekspektasi.