Liga Indonesia

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Persija Jakarta vs PSIS Semarang: Julio Masih Selamat

Minggu, 15 September 2019 17:28 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Persija Jakarta berhasil meraih kemenangan 2-1 atas PSIS Semarang di pekan ke-18 Shopee Liga 1 2019. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Persija Jakarta berhasil meraih kemenangan 2-1 atas PSIS Semarang di pekan ke-18 Shopee Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan sengit dari kompetisi Shopee Liga 1 2019, yang mempertemukan Persija Jakarta vs PSIS Semarang di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (15/09/19) sore.

Skor akhir 2-1 untuk keunggulan Persija Jakarta, sekaligus menjadi penyelamat bagi Julio Banuelos yang terancam kehilangan karirnya sebagai pelatih Macan Kemayoran jika kalah di laga ini.

Gol Persija Jakarta dilesakkan oleh Marko Simic di menit ke-45+3, disusul sepakan keras Rohit Chand yang membuahkan gol di babak kedua. Gol balasan PSIS Semarang disarangkan oleh Septian David Maulana di menit ke-63.

Komposisi kedua tim memang tidak imbang. Persija Jakarta turun dengan skuat lengkap, termasuk empat pemain asingnya. Sementara PSIS hanya bisa mengandalkan satu pemain asing dalam starting line up, yakni Jonathan Cantillana. Striker Claudir Marini masih pemulihan cedera, sementara Wallace Costa juga terkena akumulasi kartu.

Kedua tim menunjukkan permainan berkelas sejak menit awal. Terbukti ketika penggawa Persija melakukan umpan terobosan dari tengah lapangan pada menit keempat, yang kemudian disambut sundulan Xandao di depan gawang PSIS, meski gol dianulir karena terindikasi offside.

Tak ingin ketinggalan, PSIS Semarang juga turut mengancam pertahanan Persija lewat bola rebound Andritany Ardhiyasa, yang kemudian disambut dengan sepakan keras Septian David Maulana. Hanya saja bola melintas tipis di sisi kiri gawang.

Peluang bagi Persija Jakarta akhirnya datang di penghujung babak pertama. Berawal dari kemelut di depan gawang PSIS, yang membuat Rio Saputra mendapat kartu kuning karena menendang tanpa sengaja wajah dari Ramdani Lestaluhu.

Wasit menunjuk titik putih dan Marko Simic turun sebagai eksekutor tendangan penalti di menit ke-45+3. Striker asal Kroasia itu sukses mengelabui Jandia Eka dan melesakkan gol pembuka, sekaligus menutup pertandingan babak pertama dengan keunggulan 1-0.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Libero_idn (Live Updates) (@libero_idn) on

Memasuki menit awal babak kedua, pelatih Bambang Nurdiansyah menarik keluar Cantillana dan memasukkan Tegar Infantri. Praktis, PSIS tidak lagi diperkuat pemain asing di sisa waktu pertandingan.

Persija semakin leluasa menyerang Laskar Mahesa Jenar, dan akhirnya memenangkan duel di depan gawang PSIS dengan sebuah gol indah dari Rohit Chand di menit ke-53. Berawal dari tendangan sudut dan kesalahan antisipasi Jandia Eka, Persija sukses menggandakan kedudukan menjadi 2-0.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Libero_idn (Live Updates) (@libero_idn) on

Sepuluh menit berselang, persaingan sengit juga terjadi di depan gawang Persija. Kesalahan umpan yang dilakukan pemain bertahan Macan Kemayoran, dan antisipasi Andritany yang kurang maksimal membuat Septian David Maulana leluasa melesakkan gol di menit ke-63.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Libero_idn (Live Updates) (@libero_idn) on

Tak ingin jemawa dan tersusul perolehan gol PSIS, pelatih Julio Banuelos kemudian memasukkan striker Bambang Pamungkas menggantikan Ramdani di menit ke-70. Lima menit berselang, giliran striker asing PSIS, Claudir yang memaksakan diri untuk bermain menggantikan Eka Febri.

Jelang sepuluh menit akhir pertandingan, Persija hampir memperlebar jarak saat umpan Riko Simanjuntak mengarah ke depan gawang dan bola rebound disambut kaki kiri Marko Simic. Namun penyelamatan gemilang Jandia Eka berhasil meredam serangan kilat tersebut.

Hingga memasuki babak tambahan waktu, tak ada gol tambahan yang tercipta, baik dari Persija Jakarta maupun PSIS Semarang. Tambahan tiga poin membawa Macan Kemayoran terlepas dari zona merah, dan beranjak ke peringkat ke-15 klasemen sementara Liga 1 2019.

Susunan Pemain:

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (GK); Rezaldi Hehanusa, Xandao, Maman Abdurrahman, Tony Sucipto; Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand, Joan Tomas; Novri Setiawan, Marko Simic, Riko Simanjuntak

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra (GK); Frendy Saputra, M. Rio Saputra, Ganjar Mukti, Fredyan Wahyu; Heru Setyawan, Eka Febri Yogi, Jonathan Cantillana; Septian David Maulana, Hari Nur Yulianto, Bayu Nugroho

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%