In-depth

Bedah Kemampuan 4 Pemain Persija yang Dipanggil Timnas Indonesia

Kamis, 26 September 2019 17:57 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© andritany Verified
Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa saat mengheningkan cipta bersama Timnas. Copyright: © andritany Verified
Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa saat mengheningkan cipta bersama Timnas.

INDOSPORT.COM - Sebanyak 4 pemain bintang Persija Jakarta, termasuk Andritany Ardhiyasa yang dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia senior.

Selain kiper Andritany, ada pula Rezaldi Hehanussa, Novri Setiawan, dan Riko Simanjuntak. Persija menjadi salah satu tim yang menyumbang pemain terbanyak ke Timnas Indonesia.

Untuk Rezaldi, pemanggilan ini merupakan yang pertama sejak Timnas Indonesia ditangani Simon McMenemmy. Sebelumnya Rezaldi merupakan andalan di era Luis Milla.

Empat pemain Persija Jakarta ini akan disiapkan untuk mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2022 kala Timnas Indonesia bersua Uni Emirat Arab (10/09/19) dalam partai tandang.

Tak lama berselang Timnas Indonesia bakal menjamu Vietnam (15/09/19) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Timnas Indonesia sendiri belum mendulang kemenangan sekalipun dari dua laga terakhir. Skuat Garuda kalah dari Malaysia (2-3) dan Thailand (0-3).

Lantas menarik untuk dibahas kemampuan serta penampilan 4 pemain Persija Jakarta yang dipanggil Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 mendatang. 

Andritany Ardhiyasa

© andritany Verified
Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa saat mengheningkan cipta bersama Timnas. Copyright: andritany VerifiedKiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa saat mengheningkan cipta bersama Timnas.

Kita mulai dari Andritany, yang tentunya terus menjadi sorotan usai dua penampilannya bersama Timnas Indonesia di kedua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada awal September kemarin.

Dari dua pertandingan menghadapi Malaysia dan Thailand, Andritany harus memungut bola dari gawangnya sebanyak enam kali. Ini tentu sangat mengkhawatirkan untuk kiper kelas tim nasional.

Tapi Andritany nampaknya menunjukkan peningkatan dari segi penampilannya, khususnya saat menjaga gawang Persija di Liga 1.

Dari tiga pertandingan Liga 1 yang sudah dilakoni Andritany setelah membela Timnas Indonesia, dia hanya kebobolan dua gol. Persija juga berhasil memenangkan dua dari tiga laga terakhir mereka.

Rasanya cukup layak Andritany kembali dipanggil Simon McMenemy ke Timnas Indonesia. Namun untuk memilihnya sebagai kiper pertama, harus kembali dipertimbangkan pasalnya kini Wawan Hendrawan sudah dipanggil.

Rezaldi Hehanussa

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Rezaldi Hehanusa berlari untuk merayakan golnya pada menit ke-41. Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTRezaldi Hehanusa berlari untuk merayakan golnya pada menit ke-41. Herry Ibrahim

Selanjutnya ada bek kiri andalan Persija Jakarta, yaitu Rezaldi Hehanusa. Rezaldi sempat langganan menjadi pemain yang dipanggil saat Timnas Indonesia dilatih oleh Luis Milla pada periode 2017-2018 lalu.

Tapi jika menengok kepada penampilan Rezaldi di Liga 1 sejauh musim ini, nampaknya pemanggilan ini kesannya terlalu memaksa.

Ya, Rezaldi memang mulai rutin tampil bersama Persija Jakarta setelah mengalami cedera lutut parah di awal musim Liga 1 2019. Dalam lima laga terakhir Persija, tiga laga di antaranya, Rezaldi tampil sebagai starter.

Meski sudah sembilan kali starter untuk Persija di musim ini, Rezaldi belum juga menunjukkan penampilan yang benar-benar positif. Toh, Macan Kemayoran juga belum konsisten di lima laga terakhir di mana Rezaldi ikut bermain.

Novri Setiawan

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi Novri Setiawan usai mencetak gol dalam laga Persija vs Arema FC di SUGBK, Senayan pada pekan ke-12 Liga 1 2019, Sabtu (03/08/19). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSelebrasi Novri Setiawan usai mencetak gol dalam laga Persija vs Arema FC di SUGBK, Senayan pada pekan ke-12 Liga 1 2019, Sabtu (03/08/19).

Novri Setiawan juga dipanggil ke Timnas Indonesia senior dan di usianya yang sudah menginjak 25 tahun nampaknya keputusan Simon McMenemy ini cukup beralasan.

Apalagi jika kita melihat Novri sebagai pemain yang serba bisa. Dia bisa dimainkan di berbagai posisi, mulai dari posisi awalnya, winger kiri lalu juga dapat mengisi posisi winger kanan, gelandang tengah, bek kiri dan kanan.

Bahkan dari 16 penampilannya untuk Persija di Liga 1 2019 sejauh ini, dia pernah memainkan beberapa posisi. Tapi satu kekurangan Novri, dia merupakan pemain Persija yang paling minor untuk catatan indisipliner.

Ya, Novri sudah mengantongi satu kartu merah dan dua kartu kuning dari total 16 penampilannya. Tapi bermain di berbagai posisi memang cukup membantu sebuah tim ketika mengalami kebuntuan.

Riko Simanjuntak

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Riko Simanjuntak mengantisipasi ke siapa dia akan melakukan umpan bola. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comRiko Simanjuntak mengantisipasi ke siapa dia akan melakukan umpan bola.

Yang terakhir adalah pemain yang juga pernah dipanggil Luis Milla ke Timnas Indonesia U-23 pada pertengahan 2018 lalu. Siapa lagi kalau bukan, Riko Simanjuntak.

Piawai ketika bermain di posisi aslinya yaitu winger kanan, Riko Simanjuntak memang kerap kali mengancam pertahanan lawan dengan kecepatannya yang di atas rata-rata.

Dari 17 penampilannya untuk Persija Jakarta musim ini, Riko juga selalu diturunkan sebagai starter. Bahkan sebanyak tujuh assist sudah dia sumbangkan untuk Persija.

Riko Simanjuntak mungkin bisa menjadi penyegar untuk Timnas Indonesia khususnya di lini serang sisi kanan. Riko bisa membuat sisi sayap penyerangan Timnas Indonesia lebih kompetitif karena kemampuan yang dimiliki.

Itulah kemampuan yang dimiliki oleh 4 pemain Persija Jakarta yang dipanggil ke Timnas Indonesia untuk menjalani dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada awal Oktober mendatang. Menurut kamu siapa yang tidak pantas dan yang pantas?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%