Liga Indonesia

Pulangkan 3 Pemain Baru di Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini Beberkan Alasannya

Minggu, 6 Oktober 2019 16:17 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dok PPLP Papua
Jason Armando, Pemain Asal PPLP Papua yang Dipanggil Timnas Indonesia U-19 Copyright: © Dok PPLP Papua
Jason Armando, Pemain Asal PPLP Papua yang Dipanggil Timnas Indonesia U-19

INDOSPORT.COM - Setelah seminggu menjalani pemusatan latihan dan proses seleksi di Stadion Pajajaran, Kota Bogor dan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 25 September – 1 Oktober 2019, Fakhri Husaini akhirnya memulangkan tiga pemain dari 30 daftar pemain Timnas Indonesia U-19.

Sayangnya, ketiga pemain yang tidak lolos seleksi ke tahap selanjutnya baru saja dipanggil pada seleksi kali ini, di antaranya adalah Taufik Alif Hidayat (PPLP Sumbar), Ikhwan Ali Tanamal (PPLP Bogor), dan Jarson Armando (PPLP Papua).

Bisa dilihat, dari ketiga nama tersebut semuanya berasal dari PPLP atau Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar atau PPLP. Lantas, apa masalahnya?

“Masalah mereka ialah di adaptasi. Kalau saya sih sebenarnya bisa memahami, di PPLP kompetisi hanya ada setahun sekali. Memang terus latihan tetapi kan berbeda dengan mereka yang aktif berkompetisi,” ujar Fakhri saat ditemui usai melatih di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (02/10/19).

“Seperti para eks pemain AFF 2018 kemarin, selesai Vietnam mereka langsung ke klub. Tidak ada rehat dan langsung berkompetisi, sehingga kebugaran terjaga dan sinkron dengan aspek yang menjadi syarat yang saya sampaikan,” jelasnya panjang.

Sebagai informasi, dalam menjalani proses seleksi juru strategi yang berusia 54 tahun ini selalu memegang empat aspek dasar dalam memilih pemain, yaitu aspek fisik, teknik, taktik, dan mental.

“Mungkin ketika di PPLP mereka kelihatan sangat istimewa, tetapi ketika mereka bergabung dengan mereka yang sudah berkompetisi, saya melihat mereka sulit untuk mengikuti tempo yang kami inginkan. Program sih, oke, tetapi mereka kesulitan menyesuaikan,” pungkas Fakhri Husaini.