Liga Indonesia

Pesan Bermakna Firman Utina untuk Anak Asuhnya yang Masuk Garuda Select II

Senin, 14 Oktober 2019 17:34 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Arum Kusuma Dewi
© goal.com
Eks gelandang Timnas Indonesia, Firman Utina. Copyright: © goal.com
Eks gelandang Timnas Indonesia, Firman Utina.

INDOSPORT.COM - Berbicara tentang Garuda Select 2019, terdapat satu pemain Kalteng Putra FC U-16 yang berhasil lolos untuk menjalani program pelatihan berskala internasional dari PSSI, yakni Ardi Ardiana.

Kepada INDOSPORT, pemain kelahiran Garut, 22 Desember 2003 ini bercerita bahwa di belakangnya ada sosok legenda sepak bola Indonesia yang ikut mendukung dan memberikan beberapa wejangan terkait keberangkatannya ke dua negara, Inggris dan Italia selama lima bulan lamanya tersebut.

Sosok tersebut adalah Firman Utina. Usai resmi gantung sepatu atau pensiun menjadi pemain sepak bola profesional sejak tahun 2017, diketahui mantan gelandang andalan Timnas Indonesia, Firman Utina memang direkrut menjadi asisten pelatih klub Kalteng Putra FC U-16.

© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Ardi Ardiana, pemain Kalteng Putra FC yang terpilih mengikuti program pelatihan PSSI, Garuda Select 2019 angkatan kedua. Copyright: Shintya Anya Maharani/INDOSPORTArdi Ardiana, pemain Kalteng Putra FC yang terpilih mengikuti program pelatihan PSSI, Garuda Select 2019 angkatan kedua.

Lantas, bagaimana respons Firman saat tahu bahwa anak asuhnya ada yang terpilih untuk menjadi pemain Garuda Select 2019 angkatan kedua? Berikut lengkapnya.

“Reaksi dari pihak Kalteng Putra yang pasti sangat senang sekali ya. Sebelum berangkat, saya juga sempat ngobrol langsung dengan Coach Firman Utina dan beliau menitipkan beberapa pesan untuk saya,” ujar Ardi kepada INDOSPORT.

“Coach Firman (Utina) berpesan agar saya harus bekerja keras, semangat, disiplin, jaga ibadah dan jangan lupa orang tua. Satu lagi, jangan sombong,” ungkapnya.

Ardi menuturkan, selain menitipkan pesan Firman juga berbagi cerita terkait pengalamannya dulu saat menjadi pemain.

“Coach Firman selalu mengingatkan soal attitude. Program Garuda Select ini merupakan sebuah kesempatan yang besar, beliau mengingatkan supaya saya jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan yang ada,” ucap Ardi.

Di mata pesepakbola muda yang mengidolakan Luis Suarez ini, Firman Utina merupakan sosok pelatih yang berkesan dan baik kepada para didikannya.

“Coach Firman merupakan pelatih yang sangat baik menurut saya,” tandasnya sembari tersenyum.