Liga Indonesia

Eks Menpora Era Orde Baru, Beri Saran ke Caketum PSSI yang Baru

Kamis, 17 Oktober 2019 17:27 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© stmed.net/Wikipedia
Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga periode 1993-1998, Hayono Isman, memberikan sedikit pesan kepada para calon Ketua Umum PSSI. Copyright: © stmed.net/Wikipedia
Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga periode 1993-1998, Hayono Isman, memberikan sedikit pesan kepada para calon Ketua Umum PSSI.

INDOSPORT.COM - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga periode 1993-1998, Hayono Isman, memberikan sedikit pesan kepada para calon Ketua Umum PSSI terkait pengelolaan sepak bola Indonesia yang marak akan tindakan Match fixing.

Dalam acara bertajuk Indonesia Bicara yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun TV Nasional, TVRI, Rabu (16/10/19), Hayono Isman, turut menjadi salah satu narasumber bersama para Calon Ketua Umum PSSI.

Mantan Menpora tersebut dalam beberapa kesempatan, sempat menyinggung peran PSSI yang dirasa hingga saat ini masih belum maksimal dalam menangani kasus pengaturan pertandingan atau match fixing di sepak bola Indonesia.

“Kalo era dulu situasinya lebih mudah, dengan kekuasaan semua bisa ditekan. Namun di era demokrasi yang serba keterbukaan, membuat peluang lebih besar lagi (sepak bola nasional lebih maju) bagi PSSI. Namun sayang, adanya campur baur politik dan sepak bola maka timbul lah match fixing,” sebut Hayono.

“Kongres PSSI mendatang hendaknya dapat menjawab keinginan publik yang rindu akan kejayaan sepak bola Indonesia yang dulu sempat disegani. Match fixing dan sebagainya merupakan musuh besar bagi para pecinta sepak bola Nasional."

"Oleh karena itu, Kongres PSSI harus dapat mencari figur yang mampu memberantas match fixing ini,” tambahnya.

Kongres pemilihan ketua umum induk organisasi sepak bola Indonesia dijadwalkan akan berlangsung pada 2 November 2019 mendatang. Namun hingga saat ini belum dapat dipastikan terkait tempat penyelenggaraan Kongres tersebut.

Untuk diketahui, sementara terdapa delapan nama yang akan bersaing merebut kursi ketua umum PSSI periode 2019-2023. Untuk Calon Wakil Ketua Umum telah terdapat 13 nama, namun bersifat masih belum tetap.

Penulis: Muhammad Harris Muda.