In-depth

Potensi Drama yang Bisa Tercipta di Perebutan 8 Besar Liga 2 2019

Jumat, 18 Oktober 2019 19:50 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga 2 2019 Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga 2 2019

INDOSPORT.COM - Terdapat potensi drama yang bisa tercipta di perebutan tiket lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019. Kira-kira seperti apa?

Liga 2 telah memasuki pekan terakhir (pekan ke-22) yang bakal berlangsung pada Senin (21/10/19), termasuk laga tunda (pekan ke-19).

Sejauh ini sudah lima klub yang dipastikan terdegradasi ke Liga 3 2020 mendatang, yakni dari wilayah barat Persibat, PSGC, dan Blitar Bandung United).

Lalu di wilayah timur ada Persatu Tuban dan Madura FC. Kenapa lima? Karena PS Mojokerto Putra tak ikut kompetisi pada musim ini.

Di sisi lain, ada enam klub yang telah merebut tiket ke babak 8 besar. Dari wilayah barat ada Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, dan Sriwijaya FC.

Sedangkan di wilayah timur ada Persik Kediri, Persewar Waropen, dan Mitra Kukar. Masing-masing wilayah tinggal menyisakan satu tiket saja untuk ke 8 besar.

Maka dari itu ada baiknya penggemar sepak bola melihat potensi drama yang bakal tercipta di perebutan tiket 8 besar Liga 2.

Pasalnya mengihitungan hasil akhir klasemen tak lepas dari head-to-heads jumlah gol, selisih gol, jumlah memasukan, gol tandang, selsih gol tandang, hingga jumlah gol kemasukan.

Wilayah Barat

© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Skuat klub Liga 2, PSMS Medan. Copyright: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORTSkuat klub Liga 2, PSMS Medan.

Saat ini peserta wilayah barat menyisakan PSMS Medan (34 poin), Perserang (33 poin), dan PSCS Cilacap (33 poin) yang tengah bersaing untuk mempertebutkan satu tiket ke 8 besar.

PSMS Medan bersua BaBel United, PSCS Cilacap bertemu PSGC Ciamis, dan Perserang jumpa Cilegon United. Masing-masing tim pasti ingin menang.

Jika tiga pertandingan tersebut dimenangkan oleh PSMS, PSCS, dan Perserang, maka yang berhak meraih satu tiket ke 8 besar dari wilayah barat adalah Ayam Kinantan.

Andai PSMS dan Perserang mengakhiri klasemen dengan poin sama, maka Perserang yang lolos lantaran unggul head-to-heads dari PSMS (termasuk jumlah gol tandang).

Jika PSCS dan PSMS berakhir dengan hasil sama di klasemen, maka Ayam Kinantan tetap unggul dan berhak masuk ke tiket ke 8 besar (dengan catatan Perserang kalah).

Kalau Perserang dan PSCS mengakhiri klasemen dengan angka yang sama, maka Perserang lolos ke 8 besar. Dengan catatan PSMS kandas.

Wilayah Timur

© Media PSIM
Laga pertandingan PSIM Yogyakarta vs Persatu di Mandala Krida, Yogyakarta, Minggu (13/10/19). Copyright: Media PSIMLaga pertandingan PSIM Yogyakarta vs Persatu di Mandala Krida, Yogyakarta, Minggu (13/10/19).

Untuk wilayah timur, ada Martapura FC, Persis, PSIM, dan Sulut United yang masih memiliki peluang untuk merebut satu tiket lolos ke 8 besar.

Martapura FC bersua PSBS Biak, PSIM bertemu Persis, dan Sulut United jumpa Persewar. Masing-masing tim pasti ingin menang.

Jika Martapura FC dan Sulut United memiliki angka yang sama di akhir klasemen maka Sulut United lolos, karena unggul head-to-heads.

Hal tersebut tak lepas dari hasil laga PSIM dan Persis yang mesti berakhir imbang. Selain itu ada pula drama lainnya.

Dimana andai PSIM dan Persis memiliki poin sama di akhir klasemen. Maka Persis bisa lolos juga Martapura FC kalah dari lawan.

Sedangkan jika Sulut United menang dan Martapura FC kalah, maka Sulut United lolos dengan catatan PSIM dan Persis berakhir imbang.