Liga Inggris

Alasan Tragis Dibalik Keputusan Virgil Gunakan Nama di Jersey Liverpool

Sabtu, 19 Oktober 2019 16:33 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Bek tangguh milik Liverpool, Virgil van Dijk, punya alasan khusus mengapa lebih memilih menggunakan nama depan di jersey yang ia kenakan. Copyright: © Getty Images
Bek tangguh milik Liverpool, Virgil van Dijk, punya alasan khusus mengapa lebih memilih menggunakan nama depan di jersey yang ia kenakan.

INDOSPORT.COM – Bek tangguh milik Liverpool, Virgil van Dijk, punya alasan khusus mengakap ia memilih menggunakan nama depan alih-alih nama belakang di jersey-nya. Van Dijk memakai nama depan demi melupakan kejadian tragis yang ia alami di masa kecil.

Kebanyakan pemain sepak bola memang memasang nama belakang yang merupakan nama keluarga di jersey mereka. Namun tidak demikian halnya dengan Van Dijk.

Virgil van Dijk diketahui menggunakan nama Virgil ketimbang Van Dijk di jersey yang ia kenakan. Di dunia sepak bola, khususnya Eropa, penggunaan nama depan memang tidak lazim.

Dilansir dari kanal sepak bola internasional Sporf, Van Dijk enggan menggunakan nama belakang yang merupakan nama dari ayahnya, Ron van Dijk. Alasannya, sang ayah pernah mencampakkan dirinya beserta sang ibu di masa lalu.

Hal tersebut diungkapkan oleh sang paman yang bernama Steven Fo Sieeuw. Pria yang ikut menyaksikan perkembangan Van Dijk itu menuturkan bahwa ayahnya sama sekali tidak punya peran dalam karier pemain Breda tersebut.

“Virgil telah melakukan sesuatu yang luar biasa, baik saat terpuruk maupu ketika sedang berada di puncak karier. Ayahnya tidak punya peran dalam hal-hal penting di kehidupannya,” tutur Fo Sieeuw.

Kenangan buruk yang dialami sewaktu masih anak-anak membuat Virgil van Dijk memutuskan menjauh dari ayahnya. Salah satu caranya adalah dengan cara menolak menggunakan nama sang ayah pada jersey-nya. Hal itu ia lakukan di semua tim yang ia bela, baik di level klub maupun ketika membela timnas Belanda.

Meski punya masa lalu tragis, namun Van Dijk seolah tak terpengaruh oleh hal tersebut. Kini, ia menjelma menjadi salah satu bek terbaik di dunia.

Karier Virgil van Dijk melesat setelah ia gabung Liverpool pada tahun 2018 lalu. Bersama The Reds, pemain yang diboyong dari Southampton itu sukses meraih gelar Liga Champions 2018-2019 dan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris 2018-2019.