Liga Inggris

Membedah Kontroversi VAR Gol Rashford dalam Laga Manchester United vs Liverpool

Senin, 21 Oktober 2019 07:05 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
© Manchester UnitedVerified account
Marcus Rashford berhasil membawa Man United unggul atas Liverpool Copyright: © Manchester UnitedVerified account
Marcus Rashford berhasil membawa Man United unggul atas Liverpool

INDOSPORT.COM - Kontroversi menghiasi penggunaan Video Assistant Referee (VAR) dalam menentukan gol Marcus Rashford di laga lanjutan Liga Inggris 2019-2020 antara Manchester United vs Liverpool, Minggu (20/10/19), semalam.

Duel Manchester United vs Liverpool yang berlangsung di Old Trafford harus berakhir tanpa pemenang. Setelah menjalani 90 menit waktu pertandingan, kedua tim hanya bermain imbang 1-1 dan saling berbagi satu angka.

Manchester United unggul lebih dulu pada menit ke-36. Memanfaatkan umpan silang Daniel James, striker muda Marcus Rashford sukses menceploskan bola.

Liverpool baru bisa membalas lima menit menjelang bubaran. Gol penyelamat ini dicetak pemain pengganti, Adam Lallana, memaksimalkan sodoran bola Andrew Robertson.

Pasca-laga, pembicaraan publik banyak tertuju kepada proses gol Manchester United. Perdebatan tiba-tiba muncul, apakah gol Marcus Rashford layak disahkan wasit?

Demi membedahnya, mari lihat lagi rekaman ulang proses golnya. Semua berawal ketika pemain bertahan Manchester United, mampu merebut bola dari penguasaan penyerang Liverpool, Divock Origi.

Bola yang berhasil direbut lantas dialirkan kepada Daniel James ke sisi sayap kanan penyerangan. Sang pemain lantas berlari cepat dan mengirimkan umpan kepada Rashford di kotak penalti.

Sesaat setelah gol terjadi, sejumlah pemain Liverpool melancarkan protes kepada wasit yang memimpin laga. Kubu tamu menganggap gol Rashford telah didahului pelanggaran, tepatnya ketika bek Manchester United merebut bola dari kaki Origi.

Mendengar protes para pemain Liverpool, wasit coba mempertimbangkan lagi melalui bantuan VAR, namun penggunaan teknologi ini ternyata keputusannya berubah dan tetap mengesahkan gol.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Mola TV (@hanyaadadimolatv) on Pihak Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) yang bertugas di laga Manchester United vs Liverpool, coba memberikan tanggapan. 

PGMOL mengamini kalau rekaman VAR memang memperlihatkan pemain bertahan Manchester United melakukan benturan kepada kaki Divock Origi, tapi kejadian itu tak cukup kuat untuk menganulir gol Marcus Rashford.

"Pertama, wasit ketika di lapangan tidak menilai ini (benturan kepada Origi) sebagai pelanggaran dan coba dicek lagi melalui VAR. Hasilnya jelas ada benturan dan kesalahan wasit tidak memberikan pelanggaran," ujar PGMOL seperti dilansir dari Metro.

"Kedua, memang ada kontak, tapi dari rekaman VAR sangat yakin kalau pelanggaran yang terjadi tak cukup kuat untuk menganulir gol Rashford," lanjutnya.

Keterangan yang disampaikan PGMOL, sangat berbeda dengan pendapat pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Juru taktik asal Jerman menilai bahwa keputusan wasit kurang bijak dalam melakukan pengamatan melalui VAR atas gol Rashford.

"Gol mereka (Manchester United) sangat memperlihatkan adanya masalah dalam penggunaan VAR. Atkinson sebagai wasit telah menggunakan protokol VAR, dan VAR memperlihatkan adanya kontak. Ini jelas pelanggaran," cetus Klopp.

Begitulah kurang lebih pembahasan soal kontroversi VAR dalam gol Rashford ke gawang Liverpool. Bagaimana menurut kalian, apakah gol tersebut layak disahkan? 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
20%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
20%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
20%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
20%
IDS Emoticon Marah
Marah
20%