Liga Champions

3 Penampilan Buruk Real Madrid di Babak Awal Liga Champions

Selasa, 22 Oktober 2019 11:20 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Quality Sport Images/Getty Images
Tiga penampilan buruk klub LaLiga Spanyol Real Madrid pada babak awal Liga Champions. Copyright: © Quality Sport Images/Getty Images
Tiga penampilan buruk klub LaLiga Spanyol Real Madrid pada babak awal Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Klub LaLiga Spanyol, Real Madrid, mengawali dua pertandingan awal babak grup Liga Champions 2019-2020 musim ini dengan buruk.

Real Madrid gagal meraih kemenangan dalam dua laga setelah takluk 0-3 dari Paris Saint-Germain dan imbang 2-2 melawan Club Brugge di Santiago Bernabeu.

Alhasil, Los Blancos tercecer di posisi juru kunci Grup A dengan raihan satu poin, kalah selisih gol dari Galatasaray di urutan ketiga yang mengoleksi poin sama.

Jelang laga matchday 3 Liga Champions, Real Madrid mengejar tiga poin pertama melawan Galatasaray, Rabu (23/10/19), di Turk Telekom Arena.

Jika tak mampu meraup kemenangan, Los Blancos bisa gagal melaju ke fase gugur untuk pertama kalinya di era Liga Champions. Posisi Zinedine Zidane juga kian terpojok dan terancam lengser dari kursi pelatih.

Start buruk Real Madrid di babak grup Liga Champions tidak hanya terjadi pada musim 2019-2020. Los Blancos pernah mengalaminya di musim-musim sebelumnya.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum tiga penampilan buruk klub LaLiga Spanyol Real Madrid pada awal Liga Champions.

Liga Champions 2006-2007

Kekalahan Real Madrid di pertandingan pertama babak grup Liga Champions sebelum dibantai Paris Saint-Germain 0-3 terjadi pada musim 2006-2007, hampir 13 tahun lamanya.

Real Madrid bertandang ke markas Olympique Lyon. Diperkuat Raul Gonzalez, Ruud van Nistelrooy, dan David Beckham, tim besutan Fabio Capello takluk 0-2.

Meski kalah di laga perdana, Real Madrid bangkit di partai-partai berikutnya. Akan tetapi, perjalanan Real Madrid hanya mentok hingga 16 besar.

Real Madrid tersingkir di tangan Bayern Munchen. Menang 3-2 di Santiago Bernabeu, Real Madrid takluk 1-2 dan kalah produktivitas gol tandang meski agregat 4-4.

Liga Champions 2002-2003

Catatan buruk Real Madrid musim ini di awal babak grup Liga Champions ternyata mengulangi performa mengecewakan pada musim 2002-2003.

Real Madrid tergabung di Grup 3 bersama AC Milan, Lokomotiv Moskow, dan Borussia Dortmund. Sama seperti pada musim 2019-20, Real Madrid hanya meraih satu poin di dua laga awal babak grup.

Real Madrid kalah 0-1 dari AC Milan dalam laga tandang, lalu bermain imbang dengan Lokomotiv Moskow di kandang dengan skor 2-2.

Namun demikian, setelah itu Real Madrid tampil tak terkalahkan di fase grup dan lolos ke babak perempatfinal. Langkah Los Blancos terhenti di semifinal setelah kalah agregat 3-4 dari Juventus.

Liga Champions 1995/1996

Musim 1995/1996 merupakan edisi pertama era Liga Champions setelah berganti nama dari UEFA Cup. Namun sayangnya, Real Madrid mengawalinya dengan buruk.

Los Blancos kalah 0-1 dari Ajax Amsterdam di Olympisch Stadion Amsterdam lewat gol tunggal yang diciptakan oleh Marc Overmars.

Real Madrid lantas bangkit dan mengalahkan Grasshoppers dan Ferencvaros di kandang. Pada babak berikutnya, Real Madrid tersingkir setelah kalah agregat 1-2 dari Juventus.