In-depth

Kiper Muda Borneo FC Punya Statistik Lebih Keren dari Ridho dan Nadeo

Rabu, 23 Oktober 2019 15:15 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Instagram/@gianluca_pandeynuwu
Kiper Borneo FC Gianluca Pandeynuwu. Copyright: © Instagram/@gianluca_pandeynuwu
Kiper Borneo FC Gianluca Pandeynuwu.

INDOSPORT.COM - Gianluca Pandenuwu ternyata punya statistik yang jauh lebih keren dari Muhammad Ridho dan Nadeo Argawinata, dua kiper yang merupakan jebolan Borneo FC di Liga 1.

Setelah bersabar selama 21 pertandingan dengan hanya duduk di bangku cadangan Borneo FC, Gianluca akhirnya mendapat kesempatan dari Mario Gomez untuk unjuk gigi di pekan ke-22 Liga 1 2019.

Saat itu, Borneo FC harus bertamu ke markas Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dengan kondisi ditinggal kiper utamanya, Nadeo Argawinata yang dipanggil Timnas Indonesia U-23.

Alhasil Mario Gomez memilih untuk menurunkan Gianluca yang merupakan kiper keduanya menghadapi klub besar seperti Persebaya Surabaya. Tapi tak butuh waktu lama, Gianluca langsung membuktikan dirinya.

Gawang yang dijaga oleh Gianluca tak kebobolan satu gol pun, dengan hasil akhir imbang tanpa gol antara Persebaya vs Borneo FC.

Nadeo belum juga kembali, Gianluca lagi-lagi jadi pilihan sebagai kiper utama oleh Mario Gomez. Kali ini Borneo FC menjamu Bali United, di mana hasil pertandingan cukup mengejutkan yakni 6-0. Lagi-lagi, Gianluca clean sheets.

Jelang menghadapi Kalteng Putra di pekan ke-24 Liga 1, Pelatih Kiper Borneo FC, Luizinho Passos pun mengatakan bahwa Gianluca kembali disiapkan untuk menjadi kiper utama.

"Ini merupakan kesempatan yang penting untuk Gianluca dalam bermain," ucapnya dilansir dari laman resmi Liga Indonesia.

Benar saja, Gianluca kembali tampil mengawal gawang Borneo FC menghadapi Kalteng Putra, pada hari Selasa (22/10/19) kemarin. Borneo FC menang 2-0, yang artinya Gianluca kembali mencatat clean sheet.

Tak kebobolan saat menghadapi Kalteng Putra membuat Gianluca mencetak rekor yang bahkan lebih baik dari Ridho dan Nadeo. Dia berhasil clean sheet dalam tiga laga Liga 1 berturut-turut.

Ridho dan Nadeo, Jebolan Borneo FC Kalah dari Gianluca

Ya, catatan clean sheet sebanyak tiga kali beruntun milik Gianluca lebih baik dari Ridho dan Nadeo. Ridho, yang merupakan jebolan Borneo FC kini menjadi kiper utama Madura United.

Bersama Madura United di Liga 1 musim ini, Ridho telah tampil 18 kali, kebobolan 19 kali dan mencatat sebanyak 4 clean sheets.

Tapi dari empat clean sheet tersebut tidak ada yang didapat dalam 3 laga beruntun. Raihan terbaik Ridho bersama Madura United musim ini, hanya dua clean sheet beruntun saat menghadapi Barito Putera dan Borneo FC di pekan ke-2 dan ke-3 Liga 1.

Sementara Nadeo mencatat lebih banyak clean sheet dibanding Ridho di Liga 1 musim ini. Kiper berusia 22 tahun itu memiliki statistik 6 clean sheets sejauh musim ini.

Tapi dari 6 clean sheets tersebut, tak ada yang didapat oleh Nadeo secara tiga laga beruntun. Melihat penampilan Gianluca, Nadeo patut was-was dengan tempatnya di Borneo FC usai kembali dari panggilan Timnas Indonesia U-23 nanti.

Meski begitu, kemunculan Ridho lalu Nadeo dan sekarang Gianluca sebagai kiper Borneo FC tentu tak lepas dari peran besar Luizinho Passos. Pelatih kiper asal Brasil itu mulai melatih Borneo FC di Liga 1 2017 lalu.

Kini dua anak asuhannya, yaitu Nadeo dan Gianluca akan salling bersaing ketat untuk merebut tempat utama sebagai kiper Borneo FC di Liga 1. Menarik untuk disaksikan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%