Bola Internasional

Lebih Parah Dari Hisyam Tolle, Pemain Ini Tendang Kepala Pemain Lawan Walau Sudah Dapat Kartu Merah

Rabu, 23 Oktober 2019 20:01 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Aksi tak terpuji bahkan lebih parah dari Hisyam Tolle, saat pemain asing ini menendang kepala pemain lawan meski dirinya sudah mendapat kartu merah.

Nama Achmad Hisyam Tolle belakangan memang sedang menjadi sorotan jagat sepak bola Indonesia. Tolle membuat heboh setelah melakukan tendangan kungfu brutal kepada pemain lawan.

Kejadian bermula di laga lanjutan Liga 2 2019 Wilayah Timur antara PSIM Yogyakarta vs Persis Solo, Senin (21/10/19) lalu. Tolle yang sudah dikartu merah, tiba-tiba berlari masuk ke dalam lapangan dan menendang pemain Persis, Sulton Fajar.

Dalam tayangan ulang terlihat aksi kurang terpuji Tolle tersebut sangatlah berbahaya, namun jika dibandingkan dengan aksi salah satu pemain asing ini, mungkin tindakan Tolle masih berada di bawahnya.

Adalah Gerardo Bedoya, pemain asal Kolombia ini pernah melakukan aksi tak kalah brutal dari Hisyam Tolle bahkan lebih berbahaya jika dibandingkan dengan eks PSS Sleman tersebut.

Sepanjang 20 tahun karir sepakbolanya, mantan pemain yang telah memperkuat 13 klub di Kolombia dan Argentina ini memang menerapkan gaya bermain kasar dan cenderung mencederai pemain lawan.

Salah satu aksi kerasnya yang menjadi sorotan adalah saat ia membela Sante Fe di laga derby Bogota, kala itu Bedoya menyikut keras Jhonny Ramirez dan langsung mendapat kartu merah. Bukannya keluar lapangan, sang pemain malah menendang kepala Ramirez dan membuat pemain lain terpancing emosi.

Akibat pelanggaran keras tersebut, Bedoya pun mendapatkan larangan bermain hingga 15 laga. Namun meski garang di lapangan, eks pemain yang kini telah berusia 43 tahun itu mempunyai prestasi cukup mentereng baik di klub maupun Timnas Kolombia.

Gerardo bahkan pernah membawa Kolombia menjuarai Copa America pada tahun 2001 silam, namun raihan gelar tersebut tampaknya bakal tertutup lantaran jumlah kartu merahnya lebih banyak ketimbang usia saat ia pensiun kemarin.

Total hingga pertandingan terakhirnya, pemain yang gantung sepatu di usia ke-40 ini telah mengoleksi 41 kartu merah secara langsung maupun tidak langsung.