Bola Internasional

Berpeluang Jadi Venue Piala Dunia, Pakansari Pernah Masuk Stadium of The Year

Kamis, 24 Oktober 2019 19:58 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Stadion Pakansari berpeluang menjadi salah satu venue di gelaran Piala Dunia U-20 2021 usai Indonesia resmi terpilih sebagai tuan rumah (24/10/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Stadion Pakansari berpeluang menjadi salah satu venue di gelaran Piala Dunia U-20 2021 usai Indonesia resmi terpilih sebagai tuan rumah (24/10/19).

INDOSPORT.COM – Stadion Pakansari berpeluang menjadi salah satu venue di gelaran Piala Dunia U-20 2021 usai Indonesia resmi terpilih sebagai tuan rumah (24/10/19). Stadion yang berlokasi di Bogor itu dinilai layak karena pernah terpilih sebagai Stadium of The Year.

Dilansir dari situs Stadium Database, markas Tira-Persikabo ini terpilih Stadium of The Year 2016. Menurut situs yang sama, pembangunan stadion modern ini sangat dibutuhkan karena bisa menjangkau 1,5 juta penduduk di wilayah Jabodetabek.

Stadion berkapasitas 30 ribu penonton ini pun sudah digunakan untuk menghelat ajang internasional. Pada 2016, Stadion Pakansari digunakan untuk semifinal Piala AFF melawan Vietnam dan Thailand, yang mana kedua laga itu dimenangkan Timnas Indonesia dengan skor 2-1.

Dalam ajang Asian Games 2018, Stadion Pakansari berhasil menggelar jalannya 12 laga. Adapun rinciannya ialah satu laga grup A, lima laga grup B, dua pertandingan semifinal, satu laga perebutan juara ketiga, dan partai puncak.

Tak berhenti di situ, Piala AFC U-19 2018 juga menggunakan stadion ini. Hampir sama dengan Asian Games, Piala AFC U-19 menggunakan Stadion Pakansari untuk delapan pertandingan grup, dua laga semifinal dan babak final.

Dengan profil di atas, Stadion Pakansari tentu memiliki kelayakan untuk menggelar Piala Dunia U-20 2021. Stadion Pakansari sendiri juga diajukan oleh PSSI dalam proses bidding.

Stadion yang selesai dibangun pada 2016 ini menjadi satu dari sepuluh venue terbaik Indonesia yang diajukan. Selain Stadion Pakansari, beberapa venue besar lainnya ialah Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion Si Jalak Harupat.