Bola Internasional

Mulai 2021, Liga Champions Asia akan Diikuti 40 Tim

Minggu, 27 Oktober 2019 13:13 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Yohanes Ishak
© CNNPhilipines
Logo Liga Champions Asia Copyright: © CNNPhilipines
Logo Liga Champions Asia

INDOSPORT.COM - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi mengubah format Liga Champions Asia untuk musim 2021. Kompetisi tersebut akan menampung peserta lebih banyak, yakni 40 tim.

Saat ini, kompetisi kasta tertinggi antar klub Asia tersebut diikuti 32 tim. Jumlah itu kemudian dibagi menjadi delapan grup yang setiap grupnya diisi empat tim.

Dari delapan grup itu, Grup A sampai D diisi klub dari Zona Barat. Kemudian, Grup E hingga H akan dihuni kesebelasan dari Zona Timur.

Perubahan peserta Liga Champions Asia 2021 sendiri diputusakan dalam pertemuan Komite Eksekutif AFC yang diketuai oleh wakil presiden AFC dan anggota Dewan FIFA di Da Nang, Vietnam.

"Dari musim 2021, Liga Champions Asia akan diperluas ke 40 klub dengan tambahan empat kelompok yang ditambahkan di Zona Timur dan Barat dan semakin menumbuhkan reputasi salah satu kompetisi klub benua terkaya di dunia," bunyi pernyataan AFC.

"Perluasan ini akan berlangsung tanpa perubahan apa pun pada slot yang ada untuk enam Anggota Asosiasi teratas," imbuhnya.

Dengan demikian, Liga Champions Asia 2020 tetap akan diikuti 32 tim seperti yang sudah-sudah. Pada edisi selanjutnya, barulah akan diikuti 40 tim.