Liga Indonesia

Bimo Del Piero Wirjasoekarta dan Deretan Anak Muda yang Jadi Bos Klub Liga 1

Senin, 28 Oktober 2019 13:45 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Indra Citra Sena
© Media Tira Persikabo
Termasuk Bimo Del Piero Wirjasoekarta, tiga anak muda menjabat sebagai presiden klub kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1. Copyright: © Media Tira Persikabo
Termasuk Bimo Del Piero Wirjasoekarta, tiga anak muda menjabat sebagai presiden klub kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1.

INDOSPORT.COM - Termasuk Bimo Del Piero Wirjasoekarta, tiga anak muda menjabat sebagai presiden klub kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1.

Peran anak muda di sepak bola Indonesia telah ada sejak lama. PSSI yang berdiri pada tahun 1930 bahkan lahir berkat inisiasi golongan muda yang mengusung semangat Sumpah Pemuda.

Anak muda sampai saat ini masih memiliki peran di kompetisi. Tidak hanya sebagai pemain, mereka punya vital sebagai presiden klub.

Pengalaman sejak usia muda dan kecintaan terhadap sepak bola diharapkan bisa mengantarkan klub meraih prestasi terbaik di Liga 1.

Siapa saja sosok anak muda yang menjadi bos klub Liga 1? Berikut portal berita olahraga INDOSPORT menghadirkannya untuk Anda.

Bimo Wirjasoekarta

© Media Tira Persikabo
Priska Womsiwor resmi gabung Tira-Persikabo. Copyright: Media Tira PersikaboBimo Del Piero Wirjasoekarta saat memperkenalkan Priska Womsiwor sebagai pemain baru tim Liga 1 Tira-Persikabo.

Anak muda bernama lengkap Bimo Del Piero Wirjasoekarta ini merupakan bos klub Tira-Persikabo. Dia masih berusia 24 tahun.

Bimo Wirjasoekarta menjabat sebagai Independent Director di Perusahaan PT Danayasa Arthatama Tbk yang bergerak dalam bidang properti.

Lulusan University of Westminster di Inggris ini telah hampir setahun menjabat sebagai Presiden Tira-Persikabo sejak Oktober 2018.

Di bawah kepemimpinannya, Tira-Persikabo menjadi klub yang mengerikan di Liga 1. Pelatih sekaliber Rahmad Darmawan dihadirkan untuk mendongkrak prestasi.

Tira-Persikabo sempat lama memimpin klasemen Liga 1 di paruh pertama. Ciro Alves dkk. bahkan memecahkan rekor 13 pertandingan tak terkalahkan.

Nabil Husein

© bola.net
Presiden PBFC, Nabil Husein. Copyright: bola.netAnak muda yang menjabat Presiden tim Liga 1 Borneo FC, Nabil Husein.

Nabil Husein menjadi Presiden Borneo FC di usia 20 tahun. Putra daerah kelahiran 1994 ini merupakan anak pengusaha kenamaan, Said Amins.

Kecintaannya terhadap sepak bola membuat Nabil Husein berani memimpin Borneo FC di usia muda. Ia juga terinsiprasi dari gim Football Manager untuk ‘membentuk’ tim sendiri.

“Dulu hanya bisa mengatur tim di game online. Alhamdulillah sekarang bisa mengatur langsung tim sendiri,” ujar Nabil dikutip dari laman resmi klub Borneo FC.

Nabil mampu mendatangkan pemain-pemain hebat ke Borneo FC, sebut saja striker Selandia Baru di Piala Dunia, Shane Smeltz, dan eks Real Madrid, Julien Faubert.

Di Liga 1 2019, Borneo FC menjelma tim mengerikan di bawah pelatih Mario Gomez. Pesut Etam berpeluang finis di posisi tiga besar pada akhir musim.

Satya Djojosugito

© INDOSPORT
Logo Badak Lampung FC Copyright: INDOSPORTLogo klub Liga 1 Badak Lampung FC

Satya Djojosugito merupakan bos klub Perseru Badak Lampung FC sebagai komisaris. Ia terkenal sebagai sosok yang berpengalaman di bidang perusahan start-up.

Pengalamannya tersebut diharapkan bisa membawa klub yang bermarkas di Stadion Sumpah Pemuda itu sebagai tim maju meski baru menjalani debut di Liga 1.

Kehadiran Laskar Saburai di kasta tertinggi mampu mengembalikan euforia sepak bola Lampung yang sempat mati suri dan haus prestasi.

Satya merupakan lulus University of Washington. Ia kini menjabat sebagai VP of Operations di Travelio, perusahaan yang bergerak sebagai perantara penyewaan apartemen, villa, dan rumah di Indonesia.