Bola Internasional

Plot Twist Pelatih Baru Bayern Munchen: Mengubah Jurgen Klopp dari Lawan Jadi Kawan

Selasa, 5 November 2019 16:05 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
© skysports.com
Mencari pelatih baru bagi Bayern Munchen, bisa saja dihiasi oleh plot twist andai yang nantinya ditunjuk adalah sosok Jurgen Klopp. Copyright: © skysports.com
Mencari pelatih baru bagi Bayern Munchen, bisa saja dihiasi oleh plot twist andai yang nantinya ditunjuk adalah sosok Jurgen Klopp.

INDOSPORT. COM - Mencari pelatih baru bagi Bayern Munchen, bisa saja dihiasi oleh plot twist andai yang nantinya ditunjuk adalah sosok Jurgen Klopp.

Bayern Munchen, klub raksasa Bundesliga Jerman, memang sedang memiliki kebutuhan untuk mencari pelatih anyar. Hal ini tak lepas dari kebijakan manajemen Die Roten yang telah mendepak pelatih sebelumnya, Niko Kovac.

Pasca menderita kekalahan memalukan 1-5 dari Eintracht Frankfurt, Senin (04/11/19) lalu, Bayern Munchen langsung memecat pelatihnya Niko Kovac. Pengumuman resmi pemecatan Niko Kovac disampaikan langsung CEO klub, Karl-Heinz Rummenigge.

"Berdasarkan hal itu dan sampai pada keputusan bersama bahwa Niko (Kovac) tidak lagi menjadi kepala pelatih Bayern Munchen," kata Rummenigge dikutip dari laman resmi klub.

Sepeninggal Kovac, sejumlah nama pelatih top dunia mulai dikaitkan dengan Bayern Munchen. Nama terdepan yang santer dirumorkan adalah Jose Mourinho dan Massimiliano Allegri.

Sebenarnya isu yang biasa bila gosip mengarah kepada Mourinho serta Allegri. Maklum saja, keduanya memang merupakan pelatih top yang kini sedang tak memiliki klub.

Tapi kalau mau berbicara sebuah kejutan menggemparkan, maka jawabannya hanya satu, Bayern Munchen harus membajak Jurgen Klopp dari Liverpool. Bila bisa mengajak Klopp bergabung, berarti Bayern Munchen akan berhasil mengubah seorang lawan menjadi kawan.

Sebelum melatih Liverpool, Klopp merupakan sosok antagonis bagi Bayern Munchen. Klopp dahulu melatih klub bebuyutan Bayern Munchen di Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund.

Klopp menukangi Dortmund sekitar tujuh tahun, yakni dari 2008 hingga 2015. Selama itu, Klopp sukses mengantarkan Dortmund meraih dua kali gelar juara Bundesliga Jerman, yakni musim 2010/11 serta 2011/12.

Melihat rekam jejaknya itu, Klopp jelas jadi opsi yang menarik bagi Munchen. Klopp adalah sosok pelatih terakhir yang mampu memutus dominasi Bayern Munchen di Jerman.

Klopp dahulu tahu betul seluk beluk untuk mengalahkan Bayern Munchen. Artinya, Klopp pun mungkin juga tahu bagaimana cara menambal kelemahan yang ada di skuat Die Roten.

Apalagi Klopp berpotensi menaruh hati kepada Bayern Munchen. Tak mungkin Klopp bisa mencuri data kelemahan tanpa memerhatikan Bayern Munchen dengan seksama.

Kalau dilihat ke belakang, Klopp sejatinya pernah pula dikaitkan akan bergabung dengan Bayern Munchen. Misalnya pada laga 16 besar Liga Champions musim 2018/19, Klopp mendapat sorotan lebih lantaran mampu membawa Liverpool mengalahkan Bayern Munchen dengan agregat skor 3-1.

Legenda Bayern Munchen, Franz Beckenbauer kala itu bahkan sampai memberikan pujian kepada Klopp. Beckenbauer memuji kualitas taktik Klopp yang sangat apik dan cocok bila diterapkan di Bayern Munchen.

"Jurgen Klopp melatih Bayern Munchen, pasti akan menyedot perhatian. Jurgen adalah orang yang mampu menerapkan gaya sepak bola cepat di Jerman," ujar Beckenbauer seperti dikutip dari Bleacher Report.

Namun semua angan tinggi tadi harus kembali membumi, Klopp kini masih melatih Liverpool. Perlu usaha keras andai Bayern Munchen benar mau membajak Klopp yang tengah menuai kesuksesan besar bersama The Reds.