In-depth

Jacksen F. Tiago dan Persipura Jayapura: Aroma Runner Up Liga 1

Jumat, 8 November 2019 18:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© ceposonline/goal
Kiprah pelatih Jacksen F. Tiago di Persipura Jayapura, selalu meraih trofi juara atau runner up Liga Super Indonesia dan Liga 1. Copyright: © ceposonline/goal
Kiprah pelatih Jacksen F. Tiago di Persipura Jayapura, selalu meraih trofi juara atau runner up Liga Super Indonesia dan Liga 1.

INDOSPORT.COM – Ada kisah luar biasa yang mewarnai kebersamaan pelatih asing Jacksen Ferreira Tiago dan Persipura Jayapura, klub yang saat ini diprediksi akan menembus papan atas, bahkan bisa saja meraih titel runner up kompetisi Shopee Liga 1 2019.

Di sepanjang karir kepelatihannya, Jacksen F. Tiago pernah mengabdi cukup lama untuk klub asal Timur Indonesia tersebut. Ia sempat membesut Persipura sejak tahun 2008 hingga 2014, dan sempat menjadi pelatih tersukses di Indonesia era 2000an.

Bukan tanpa alasan, rekor Jacksen bersama Persipura Jayapura memang sangat berkilau. Di awal kedatangannya ke tim Mutiara Hitam, ia sudah mempersembahkan trofi juara Liga Super Indonesia 2008/2009.

Seolah tak punya saingan, Jacksen dan Persipura kembali menggondol trofi juara Liga Super Indonesia musim 2010/2011, serta di musim selanjutnya pada 2012/2013. Ia merupakan satu-satunya pelatih yang bisa meraih tiga trofi dalam tiga musim berturut-turut bersama satu klub.

Namun, saat Liga Super Indonesia musim 2014 menggunakan format dua grup, yakni Barat dan Timur, Jacksen memang berhasil membawa Persipura melaju ke babak final.

Sempat dielu-elukan meraih trofi keempatnya bersama Boaz Solossa dan kawan-kawan, namun langkah pelatih asal Brasil itu sempat terhenti karena kalah penalti dari Persib Bandung di babak final, 7 November 2014 lalu.

Rekor spektakuler Jacksen F. Tiago di Indonesia akhirnya mencuri perhatian negara tetangga, dan Penang FA pun membajak Jacksen F. Tiago hingga musim 2016. Tak kehilangan taji, ia lagi-lagi memutuskan kembali ke Indonesia untuk membesut Barito Putera selama tiga musim.

Sayangnya, di tahun ketiga kebersamaan Jacksen dan Barito, klub asal Kalimantan itu justru terseok-seok di papan bawah klasemen, tentu saja bersama Persipura Jayapura yang juga sempat kesulitan meraih poin di beberapa pekan awal Liga 1 2019.

Jacksen memutuskan hengkang dari Barito Putera pada pekan keempat, dan kembali ke pelukan Persipura Jayapura dengan misi memperbaiki posisi tim Mutiara Hitam di klasemen.

Namun, kisah cinta Jacksen dan Persipura nampaknya akan berakhir manis. Tak hanya sukses memperbaiki klasemen sementara, ia justru kembali membuka peluang tim yang bermarkas di Stadion Mandala itu finish di papan atas, setidaknya posisi runner up Liga 1 2019.

Memasuki laga ke-17 Jacksen bersama Persipura musim ini, ia mencetak rekor 12 kemenangan dan tiga hasil imbang, serta hanya mencatatkan dua kekalahan hingga pekan ke-27. Tim Mutiara Hitam pun kokoh di tiga besar klasemen sementara, dan membayangi Madura United di posisi runner up.

Dengan demikian, Jacksen F. Tiago bisa saja mencetak rekor baru di akhir musim nanti, yakni pelatih yang tak pernah turun dari posisi runner up Liga Indonesia ketika bersama Persipura Jayapura.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%