Liga Spanyol

LaLiga: 5 Hal yang Tidak Banyak Diketahui Soal El Gran Derbi

Sabtu, 9 November 2019 21:36 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Duel sengit di LaLiga Spanyol antara dua klub asal Andalusia, Sevilla FC dan Real Betis, yang kerap disebut ‘El Gran Derbi’ alias Derbi Besar akhir pekan in Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Duel sengit di LaLiga Spanyol antara dua klub asal Andalusia, Sevilla FC dan Real Betis, yang kerap disebut ‘El Gran Derbi’ alias Derbi Besar akhir pekan in

INDOSPORT.COM - Istilah rivalitas tentu akan selalu ada dalam kamus sepak bola. Seperti yang kita tahu, rivalitas tak pernah lekang oleh waktu. Salah satunya duel sengit di LaLiga Spanyol antara dua klub asal Andalusia, Sevilla dan Real Betis, yang kerap disebut ‘El Gran Derbi’ alias Derbi Besar.

Sebagai dua tim LaLiga yang paling bersejarah dan pernah meraih gelar LaLiga, Derbi Sevilla merupakan salah satu rivalitas yang membagi kubu dan bahkan hingga keluarga-keluarga kota tersebut selama lebih dari satu abad.

Secara keseluruhan, El Gran Derbi sudah 48 kali bertemu di kancah LaLiga. Menariknya, hanya ada sembilan pemain yang pernah memperkuat kedua tim Derbi Sevilla selama bertahun-tahun.

Terkini, Sevilla akan bertandang ke markas Betis di Stadion Benito Villamarin untuk memainkan pekan ke-13 LaLiga 2019/20 yang digelar pada Senin, (11/11/19) dini hari WIB.

Sebelum menikmati laga El Gran Derbi nanti, simak 5 fakta berikut yang tidak banyak diketahui tentang Derbi Sevilla seperti rilis yang INDOSPORT terima.

1. Derbi yang Memiliki Sejarah Panjang

Secara resmi, derbi pertama antara kedua tim ibukota Andalusia ini terjadi pada tahun 1915, tak lama setelah Real Betis didirikan. Betis meraih kemenangan 1-0 atas Sevilla berkat gol dari Alberto Hanke. Namun, apabila dilihat lebih jauh, persaingan derbi ini sudah terjadi dalam sebuah laga tidak resmi pada Hari Valentine tahun 1909.

2. Keduanya Pernah Menyabet Gelar LaLiga

Kedua klub ini merupakan salah satu tim paling sukses dan ikonik dalam sejarah sepak bola Spanyol. Real Betis mengamankan gelar LaLiga pertamanya pada musim 1934/35. Sedangkan Sevilla menyusul Betis sepuluh tahun kemudian, saat mereka berhasil menggulingkan Barcelona pada musim ke-15 LaLiga.

3. Jose Antonio Reyes Terkaya di Abad ke-21

Pada abad ke-21, Reyes menjadi pencetak gol terbanyak (5 gol) di pertemuan kedua derbi ini. Disusul oleh Frederic Kanoute dan Kevin Gameiro dengan empat gol.

4. Derbi Sevilla di Liga Eropa

El Gran Derbi juga pernah terjadi di Liga Eropa, dalam babak 16 besar pada musim 2013/14. Setelah saling menang 2-0 di kandang masing-masing, pertandingan harus ditentukan lewat adu penalti yang dimenangkan Sevilla dan keluar sebagai juara.

5. Skor 22-0

Pada 1918 silam, para sejarawan berdebat terkait kejadian unik di laga El Gran Derbi ini. Sevilla memenangkan pertandingan dengan skor 22-0, yang diduga Betis sengaja menurunkan skuat muda sebagai bentuk protes atas keputusan yang melarang dua pemain bintang mereka tampil karena masih terikat wajib militer. 

Penulis: Karina Kusuma Wijaya

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%