Liga Indonesia

4 Fakta Luar Biasa dari Pertandingan Liga 1: Persija Jakarta vs Borneo FC

Selasa, 12 November 2019 07:45 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Media Persija
Persija Jakarta di Liga 1 2019. Copyright: © Media Persija
Persija Jakarta di Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Usai pertandingan tunda pekan ke-4 Liga 1 2019 antara Persija Jakarta vs Borneo FC berakhir, muncul setidaknya 4 fakta luar biasa, termasuk quattrick Marko Simic.

Seperti yang kita ketahui Marko Simic memang mencetak 4 gol dalam pertandingan Persija Jakarta vs Borneo FC di pekan ke-4 Liga 1 yang membuat Macan Kemayoran menang 4-2, Senin (11/11/19).

Bermain di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Persija Jakarta khususnya Marko Simic mampu tampil garang di depan gawang Borneo FC.

Simic mencetak tiga gol pada menit ke-20, menit ke-38, dan menit ke-50. Sementara Borneo FC sempat membalas lewat gol Matias Conti menit ke-60 dan membuat skor menjadi 3-1.

Tapi tidak lama kemudian, tepatnya menit ke-66, penyerang asal Kroasia itu kembali menjebol gawang Borneo yang kemarin sore dikawal oleh Gianluca Pandenuwu. Setelah itu, 3 menit berselang, tuan rumah kebobolan lewat gol Juan Alsina, membuat skor akhir menjadi 4-2.

Usai pertandingan Persija Jakarta vs Borneo FC tersebut, terdapat 4 fakta temuan INDOSPORT yang wajib para pecinta sepak bola ketahui.

  • Quattrick Pertama Liga 1

Simic membuat dirinya mencatatatkan rekor sebagai pemain pertama yang berhasil mencetak empat gol di Liga 1 2019.

Sejauh ini paling hebat baru catatan hattrick yang berhasil diciptakan oleh delapan pemain di Liga 1 2019, termasuk dirinya sendiri.

Dengan empat gol ini, berarti striker asal Kroasia menjadi pemain yang bisa mencetak gol paling banyak dalam satu pertandingan Liga 1 2019.

Selain itu dengan catatn empat golnya, Simic sukses menyamai rekor dua kali hattrick yang telah berhasil diciptakan penyerang Persela Lamongan, Alex Goncalves, di Liga 1 2019, sebanyak dua kali.

  • Peringatan untuk Pertahanan Persija

Di balik sinar mentereng Simic yang mencetak 4 gol, ternyata hasil pertandingan Liga 1 sore kemarin menjadi peringatan untuk pertahanan Persija untuk ke depannya.

Bagaimana tidak, mereka kebobolan dua gol dalam kurun waktu tak sampai 10 menit. Meski menang 4-2, ini menjadi catatan untuk Macan Kemayoran, yang selalu kebobolan dua gol di dua laga terakhir mereka.

Jika ingin benar-benar lepas dari ancaman zona degradasi, mereka harus memperbaiki pertahanan dan semaksimal mungkin meraih clean sheet di sisa musim Liga 1.

  • Tren Positif Persija Jakarta

Dengan kemenangan 4-2 atas Borneo FC, Persija Jakarta kini punya tren positif di Liga 1. Mereka sukses dengan hanya satu kekalahan di 6 laga terakhir di Liga 1.

Satu-satunya kekalahan yang mereka dapat saat berhadapan dengan Persib Bandung pada akhir Oktober lalu. Macan Kemayoran harus kalah 2-0 dari Persib saat itu.

Tapi dalam 6 pertandingan terakhir Liga 1, mereka tak pernah kalah lagi. Dengan rincian sekali kalah, dua kali imbang dan tiga kali menang, termasuk saat menghadapi Borneo FC kemarin.

Selain itu, yang menjadi tanda performa tim asuhan Edson Tavares kian menanjak adalah mereka tak terkalahkan dalam tiga laga terakhir. Bahkan di 3 laga terakhir tersebut, mereka sedikitnya cetak dua gol di masing-masing pertandingan.

  • Borneo FC Turun Performa

Fakta terakhir yang kami temukan adalah menurunya performa Borneo FC di Liga 1 usai kekalahan dari Persija Jakarta kemarin sore.

Ya, Borneo FC punya catatan hanya sekali menang dalam 5 pertandingan terakhir di liga. Bahkan empat pertandingan beruntun, mereka selalu gagal meraih kemenangan.

Ini jelas penurunan performa untuk klub yang sedang bertengger di urutan ke-4 klasemen sementara Liga 1. Pasalnya mereka sempat tak terkalahkan 9 pertandingan beruntun di musim ini. 

Jika terus begini, tak heran jika Borneo FC terlempar dari empat besar. Apalagi Arema FC dan PSS Sleman sudah siap untuk merebut posisi keempat dari tangan Borneo FC.

Sementara Persija Jakarta yang punya tren positif juga punya peluang menutup Liga 1 musim ini dengan manis, yakni tembus ke 10 besar, atau mungkin bisa menggeser Persib Bandung? Semoga saja.