Bola Internasional

Merinding, Deretan Pemain Sepak Bola Dunia Pernah Jadi Korban Santet

Sabtu, 16 November 2019 17:33 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© bangsaonline.com
Berikut ini ada deretan pemain sepak bola dunia ternyata diduga pernah menjadi korban santet yang membuat diri ini merinding. Copyright: © bangsaonline.com
Berikut ini ada deretan pemain sepak bola dunia ternyata diduga pernah menjadi korban santet yang membuat diri ini merinding.

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada deretan pemain sepak bola dunia ternyata diduga pernah menjadi korban santet yang membuat diri ini merinding.

Ilmu hitam semacam santet kerap meresahkan masyarakat, termasuk dunia olahraga lantaran tak bisa dijelaskan secara medis ataupun ilmiah.

Santet sering digunakan untuk mendapat kemenangan sampai melemahkan lawan atau pemain. Hal tersebut sudah mencoreng dunia fair play sepak bola.

Bahkan Desember 2016 silam, Asosisasi Sepak Bola Rwanda (FERWAFA) memberikan peraturan tegas dengan melarang penggunaan santet di Liga Primer Rwanda.

Pasalnya santet kala itu sangat marak di kawasan tersebut yang membuat kerugian begitu signifikan dan membuat prestasi sepak bola Rwanda mandek.

Maka dari itu tak ada salahnya untuk mengetahui sekilas tentang pemain sepak bola dunia yang ternyata diduga pernah kena santet.

1. Cristiano Ronaldo

© Twitter/@adriandelmonte
Striker Timnas Portugal Cristiano Ronaldo diperiksa dokter usai mengalami cedera di hidungnya. Copyright: Twitter/@adriandelmonteStriker Timnas Portugal Cristiano Ronaldo diperiksa dokter usai mengalami cedera di hidungnya.

Megabintang Juventus dan Portugal Cristiano Ronaldo diketahui ternyata pernah menjadi korban santet. hal itu terjadi menjelang ajang Piala Dunia 2014 silam.

Kala itu Ronaldo menderita cedera yang cukup parah dan lama dalam proses penyembuhan. Dirinya didiagnosis bakal gagal ikut Piala Dunia 2014.

Dukun asal Ghana yang bernama Nana Kwaku Bonsam mengaku kalau cedera yang dialami Ronaldo adalah perbuatannya sebagaimana dinukil The Guardian.

Bonsam melakukan ini agar Ronaldo tak tampil ketika Portugal bersua Ghana di laga kedua Piala Dunia. Ia sendiri mengatakan jika sihirnya ini hanya berlaku hingga laga tersebut.

Pada kenyataannya, Portugal bisa menang 2-1 dari Ghana dan Ronaldo turut mencetak gol. Hal tersebut memperlihatkan kalau santet Bonsam tak mempan.

2. Richard Kingson

© Istimewa
Richard Kingson Copyright: IstimewaEks kiper Timnas Ghana Richard Kingson.

Kemudian ada eks kiper Birmingham, Wigan, Blackpool, hingga Timnas Ghana Richard Kingson yang diduga pernah mengalami santet, September 2012 lalu.

Menurut laporan Metro, kalau Richard dikenai santet dan jadi pengangguran oleh sang istri yang bernama Adelaide Tawiah. Padahal keduanya baru menikah usai Piala Dunia 2010.

Tawaliah pun mengaku memang melakukan kekuatan jahat untuk merusak karier Richard di dunia sepak bola. Hal itu dia ungkapkan kepada The Sun.

Meski sempat disanggah sang suami, Tawaliah ikut mempertegas apa yang disampaikan Richard. Bahkan Tawaliah mengaku tak pernah menyampaikan hal yang merugikan suaminya.

3. Lionel Messi

© Twitter@BarcaTimes
Lionel Messi alami cedera lengan di laga kontra Sevilla. Copyright: Twitter@BarcaTimesLionel Messi alami cedera lengan di laga kontra Sevilla.

Megabintang Barcelona dan Argentina Lionel Messi juga diketahui pernah mengalami santet dari dukun yang mengaku bernama Pepe sebagaimana dilansir Daily Mail.

Pasalnya ada seorang pelanggan yang datang pada dukun asal Spanyol ini untuk membuat Messi menderita hingga tak bisa bermain sepak bola.

Meski begitu Pepe mengaku menolak apa yang diminta oleh pelanggannya itu. Namun tak jarang para pelanggannya menyodorkan nama lain untuk di santet.

Nama-nama seperti David Beckham, Ronaldo da Lima, Fabio Cannavaro, hingga Esteban Cambiasso pernah menjadi salah satu kandidat untuk disantet.

Bahkan di Piala Dunia 2014 silam dukun asal Brasil bernama Helio Sillman sempat bakal menyantet tiga pemain Timnas Jerman Thomas Mueller, Manuel Neuer, hingga Mats Hummels seperti dikutip asianage.