Bola Internasional

Imbas Politik Internal, Maradona Mundur Tukangi Klub di Negara Asalnya

Rabu, 20 November 2019 13:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
©
Legenda sepakbola Argentina, Diego Maradona, menyatakan mundur sebagai pelatih Gimnasia y Esgrima La Plata. Copyright: ©
Legenda sepakbola Argentina, Diego Maradona, menyatakan mundur sebagai pelatih Gimnasia y Esgrima La Plata.

INDOSPORT.COM – Legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona, telah mengundurkan diri sebagai pelatih klub asal negaranya, Gimnasia y Esgrima La Plata.

Keputusan ini diungkapkan langsung oleh Maradona melalui akun resmi-nya di Instagram, Rabu (20/11/19) dini hari WIB.

“Saya ingin memberi tahu semua orang bahwa saya keluar dari pekerjaan saja sebagai pelatih Gimnasia y Esgrima La Plata. Keputusan ini menyakiti saya dengan sepenuh jiwa,” tulis Maradona.

“Saya berharap bahwa siapa pun yang mengelola klub nanti bisa dapat melanjutkan tugas yang kami mulai dan menjaga Gimnasia di tempatnya. Saya berharap yang terbaik untukmu, dengan sepenuh hati,” lanjutnya.

Melalui postingan itu pula, Maradona juga menjelaskan alasannya berhenti menukangi Gimnasia lantaran terkait politik yang tengah terjadi di tubuh internal klub.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Diego Maradona (@maradona) on

Diketahui isu politik berawal dari keputusan presiden klub, Gabriel Pellegrino, yang tidak akan maju ke pemilihan presiden klub yang baru. Hal ini membuatnya sedih dan enggan melanjutkan tugasnya.

Diego Maradona mengambil alih Gimnasia y Esgrima La Plata pada September lalu, dengan meneken kontrak hingga akhir musim mendatang. Ia baru membantu tim meraih sembilan poin dari enam laga pertama sejak jadi pelatih.

Maradona, pemain yang membawa Argentina menjadi Juara Dunia 1986 ini disebut-sebut sebagai pemain terhebat sepanjang masa. Saat bergabung dengan tim berjulukan El Lobo, Maradona berjanji akan menyelamatkan klub asal Provinsi Buenos Aires itu dari jurang degradasi.

Gimnasia sendiri menjadi klub keenam yang pernah ditangani Maradona selepas kariernya sebagai pemain sepak bola. Hanya ada satu klub yang pernah ditangani Maradona lebih dari setahun, yakni Al Wasl daari Uni Emirat Arab. Ia berada di sana selama 14 bulan antara 2011 sampai 2012.

Sebelumnya, Maradona juga pernah menangani klub sepak bola asal Meksiko, Dorados de Sinaloa. Namun dirinya hanya bertahan selama sembilan bulan sebelum hengkang pada Juni lalu.